ADVERTISEMENT

Wow! Arab Saudi Bakal Bangun Gedung Pencakar Langit Senilai Rp 15.000 T

Ilyas Fadilah - detikFinance
Rabu, 27 Jul 2022 09:57 WIB
A Saudi flag flutters atop Saudi Arabias consulate in Istanbul, Turkey October 8, 2018. REUTERS/Murad Sezer
Foto: Dok. REUTERS/Murad Sezer
Jakarta -

Arab Saudi memulai rencana ambisinya dalam membangun struktur gedung pencakar langit terbesar di dunia. Berdasarkan laporan The Wall Street Journal, mega proyek ini akan berlokasi di barat laut kerajaan.

Dikutip dari Al-Jazeera, Rabu (27/7/2022), Proyek bernama The Mirror Line ini memiliki dua bangunan kaca reflektif setinggi 488 meter atau 1.600 kaki. Sementara luasnya adalah 120 kilometer atau 75 mil, melintas di sepanjang daerah pesisir, gunung dan gurun.

Kedua bangunan akan terhubung dengan jalan setapak, dan kereta api cepat bakal melintas di bawahnya. Proyek ini diperkirakan menelan biaya hingga US$ 1 triliun atau Rp 15 ribu triliun (kurs Rp 15.007) untuk penyelesaiannya.

The Mirror Line milik Arab Saudi diproyeksikan mampu menampung 5 juta orang. Saking luasnya, mereka bisa melakukan perjalanan dari ujung bangunan ke ujung lainnya dalam waktu 20 menit.

Dokumen rahasia yang tampaknya dibuat tahun 2021 ini mencakup desain konsep seperti pertanian vertikal irigasi, marina kapal pesiar, dan stadion olahraga yang dibangun hingga 305 meter di atas tanah.

Struktur The Mirror Line akan dibangun di kota canggih Neom milik Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS). Neom diproyeksikan seukuran dengan negara bagian Massachusetts di Amerika Serikat ini menelan anggaran pembangunan hingga US$ 500 miliar.

Dana pembangunan Neom berasal dari kekayaan kerajaan Arab Saudi dan merupakan bagian dari kerangka kerja yang disebut Saudi Vision 2030. Ini merupakan upaya mendiversifikasi ekonomi Arab Saudi dan mengurangi ketergantungannya pada minyak.

MBS mengatakan sepanjang 170 kilometer di Barat Laut Arab Saudi akan bebas dari mobil dan jalanan, dengan nol emisi karbon. Untuk lokasi dari The Mirror Line sendiri adalah Teluk Aqaba sampai ke tengah laut.

Pembangunan Neom ditargetkan selesai pada 2030. Sementara The Mirror Line diperkirakan akan selesai dalam waktu 50 tahun.

Sebelumnya, MBS sempat mengatakan keinginannya untuk mendirikan bangunan yang ikonik dan timeless seperti Piramida di Mesir.

Desain awal The Mirror Line di Arab Saudi diinisiasi oleh Morphosis Architects yang berbasis di AS, yang didirikan oleh pemenang Penghargaan Arsitektur Pritzker Thom Mayne. Pembuatan desain melibatkan setidaknya sembilan konsultan desain dan ahli teknik lainnya.



Simak Video "Unik dan Megah! Kapal Pesiar Kura-kura Akan Dibangun Arab Saudi"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT