ADVERTISEMENT

Alibaba Bakal Bangun Gedung Pencakar Langit 305 Meter di Singapura

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 06 Agu 2022 08:00 WIB
Gedung pencakar langit memenuhi kota Singapura. Gedung tersebut menjadi salah satu potret pertumbuhan dan kemajuan di negara kota tersebut.
Ilustrasi/Foto: Maikel Jefriando
Jakarta -

Raksasa e-commerce China, Alibaba akan membangun gedung pencakar langit di Singapura. Rencananya, gedung itu akan memiliki 63 lantai dengan tinggi kurang lebih 305 meter di Shenton Way, Central Business District.

Mengutip dari Channel News Asia, Jumat (5/8/2022) pembangunan gedung itu bekerja sama dengan sebuah konsorsium yang dipimpi perusahaan real estate berbasis di Singapura, yaitu Perennial Holdings. Adapun pembangunan gedung tersebut kabarnya sudah mendapatkan persetujuan.

Dengan ketinggian 305 meter seperti yang terlihat dalam dokumen Urban Redevelopment Authority (URA), bangunan menyalip Menara Guoco setinggi 284 meter yang saat ini gedung tertinggi di Singapura.

"Ketinggian bangunan yang diizinkan tunduk pada persyaratan teknis serta evaluasi berdasarkan konteks lokasi masing-masing. Pengembangan harus dibangun sesuai dengan rencana dan pedoman yang disetujui," kata juru bicara URA.

Pembangunan gedung pencakar langit tersebut di kawasan yang saat ini ditempati gedung 50 lantai, sebelumnya dikenal sebagai AXA Tower, di 8 Shenton Way di Tanjong Pagar.

Lokasi ini pertama kali ditempati Gedung Perbendaharaan pada tahun 1986, yang sebelumnya merupakan kantor pusat perusahaan investasi negara Temasek Holdings.

Selain itu izin yang dikeluarkan oleh URA pada 7 Juli menunjukkan rencana yang disetujui untuk komponen ritel, restoran, kantor, hotel dan perumahan - serta jalur pejalan kaki bawah tanah. Mengutip Forbes, gedung pencakar langit itu ditargetkan rampun pada 2028.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT