ADVERTISEMENT

Usai Banjir Parah, Seoul Larang Rumah ala 'Parasite' Selamanya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 11 Agu 2022 17:02 WIB
A vehicle is submerged in a flooded road in Seoul, Monday, Aug. 8, 2022. Heavy rains drenched South Koreas capital region, turning the streets of Seouls affluent Gangnam district into a river, leaving submerged vehicles and overwhelming public transport systems. (Hwang Kwang-mo/Yonhap via AP)
Foto: AP/Hwang Kwang-mo
Jakarta -

Pemerintah Korea Selatan secara bertahap akan menghapus penyewaan flat atau rumah susun semi basement. Hal ini menyusul meninggalnya dua wanita dan satu orang remaja saat banjir besar melanda pada awal pekan ini.

Dikutip dari BBC disebutkan jika flat kecil semi basement ini biasanya disewa oleh orang-orang yang berpenghasilan rendah.

Mulai pekan ini pemerintah tak lagi mengeluarkan izin untuk pembangunan rumah dengan konstruksi semi basement seperti itu. Selain itu pemerintah juga akan mengubah apartemen yang sudah ada saat ini.

Pejabat pemerintah akan berkonsultasi dengan pemerintah untuk melakukan revisi terkait undang-undang pembangunan tempat tinggal.

Pemerintah Korsel juga memberikan waktu untuk para pemilik flat untuk merombak atau mengubah peruntukan flat tersebut untuk gudang atau tempat parkir.

Walikota Seoul Oh See-hoon mengungkapkan jika hunian bawah tanah dan semi bawah tanah ini akan mengancam keamanan dan keselamatan masyarakat.

Memang, awal pekan ini Seoul dilanda banjir terparah selama 80 tahun terakhir. Akibat bencana ini ada 11 orang tewas dan hilang terseret arus banjir.

Pada Senin malam dua perempuan berusia 40 tahun dan anak berusia 13 tahun ditemukan tewas dalam rumahnya yang berada di flat semi basemen yang terendam banjir. Mereka disebut telah mencari bantuan, namun tim penyelamat tak bisa menjangkau rumah mereka.

Bencana ini membuka mata banyak pihak mulai dari ketimpangan pendapatan dan bahaya tinggal di flat semi basement itu.

Pada film Parasite 2019 lalu karya Bong Joon-ho menampilkan keluarga miskin yang tinggal di sebuah banjiha di Seoul.



Simak Video "Penampakan Banjir Parah di Seoul yang Tewaskan 7 Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT