ADVERTISEMENT

Pemerintah Siapkan Rp 43 T Buat IKN Sampai 2024, Ini yang Dibangun

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 16 Agu 2022 18:35 WIB
Kecamatan Sepaku di Kabupaten Penajam Paser Utara disebut sebagai lokasi Ibu kota baru. Pemilihan lokasi ini diduga karena di Sepaku banyak lahan negara.
Lokasi IKN/Foto: M. Abdurrosyid
Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan anggaran Rp 43 triliun siap cair untuk pembangunan prasarana dasar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pembangunan IKN akan fokus di Kawasan Inti Pusat Pemerintah alias KIPP hingga 2024.

Dari total Rp 43 triliun, hanya sebagian kecil yang cair tahun ini atau Rp 5,4 triliun hingga akhir 2022. Menurutnya, sisa waktu 2022 yang sedikit membuat anggaran yang cair tak terlalu banyak.

"Total IKN untuk bangun prasarana dasar di kawasan inti pemerintahan Rp 43 triliun dari 2022 sampai 2024. Tahun 2022 dibutuhkan Rp 5,4 triliun," papar Basuki dalam konferensi pers Nota Keuangan dan RUU APBN 2023, Selasa (16/8/2022).

Pada tahun depan, Kementerian PUPR mendapat jatah anggaran Rp 125,2 triliun. Itu termasuk anggaran IKN Rp 20,8 triliun.

"Di tahun 2023 pagu PU sudah termasuk IKN, IKN itu sebesar Rp 20,8 triliun," jelas Basuki.

Apa yang Dibangun di IKN?

Basuki menjelaskan IKN akan fokus melakukan pembangunan di KIPP hingga 2024. Dia menjelaskan yang akan dibangun duluan adalah kompleks perkantoran Presiden dan Wakil Presiden, jalan nasional, dan jalan tol.

Kemudian ada juga pembangunan sistem sanitasi, drainase, dan juga air bersih. Semua hal itu sudah mulai dilelang dan rencana akhir bulan ini kontrak pembangunan bisa diteken.

"Ini sudah tender semua mungkin sekarang masa sanggah. Insyaallah akhir bulan tanda tangan kontrak dan akan dilaksanakan," sebut Basuki.

Dia mengatakan akan ada jalan tol baru yang tersambung dari KM 11 Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. Hal ini akan membuat perjalanan dari Balikpapan ke kawasan IKN hanya setengah jam.

"Jadi jalan tol Balikpapan di KM 11 jalan tol kita potong ke IKN. Dari Balikpapan ke IKN nantinya hanya 30-40 menit," papar Basuki.

(hal/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT