ADVERTISEMENT

Pembangunan Kampung Susun Bayam Dekat JIS Rampung September, Ini Progresnya

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Jumat, 19 Agu 2022 08:10 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan rencananya akan segera membangun Kampung Susun Bayam yang lokasinya dekat dengan Jakarta International Stadium (JIS).
Proyek Kampung Susun Bayam dekat Jakarta International Stadium (JIS)/Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang membangun Kampung Susun Bayam. Kampung Susun Bayam akan dijadikan tempat tinggal para warga yang terdampak pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

JIS dan Kampung Susun Bayam dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKi yakni PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Pembangunan hunian berupa rumah susun (rusun) ini telah berjalan sejak 7 Mei 2022 dan ditargetkan rampung di akhir September mendatang.

Kepala Divisi Corporate Secretary Jakpro, Nadia Diposanjoyo mengatakan kini capaian pembangunan Kampung Susun Bayam sudah berada di angka 60%. Dengan melihat progresnya, ia berharap keseluruhan pembangunannya ini bisa selesai sesuai targetnya pada akhir September.

"Insyaallah akhir September nanti sudah selesai keseluruhan pembangunan 3 tower kampung susun," ujar Nadia kepada detikcom, Kamis (18/08/2022).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, saat ini progres dari pembangunan tersebut telah memasuki tahapan akhir dan pembangunan landscape. Pembangunannya akan terus berjalan hingga penyelesaian konstruksi.

"Saat ini secara paralel memasuki tahapan pekerjaan finishing, serta pembangunan landscape-nya,"

Sementara itu, Nadia menambahkan, daftar nama dari para kepala keluarga (KK) yang akan menghuni Kampung Susun Bayam akan diterbitkan langsung oleh Wali Kota Jakarta Utara dan Biro Pemerintahan Pemprov DKI.

Di sisi lain, mengenai santunan yang diberikan kepada para warga terdampak pembangunan JIS dan rusun tersebut, Nadia mengatakan semuanya telah tersalurkan secara tuntas.

"Santunan sudah kami laksanakan keseluruhannya sehingga sudah tuntas," tambahnya.

Nadia juga menjelaskan, dalam pengoperasian JIS, pihaknya akan membuka peluang bagi para warga sekitar untuk dapat bekerja dan terlibat di kegiatan-kegiatan JIS. Selaras dengan hal tersebut, Jakpro akan memberikan kuota khusus bagi warga Kampung Bayam saat pendaftaran.

"Iya disediakan quota privilege pada saat pendaftaran namun tetap harus tetap memenuhi persyaratan kecakapan yang dibutuhkan sesuai standar pekerjaan," tutur Nadia.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT