ADVERTISEMENT

Kejar Target, BPN Tangsel Door to Door Bagikan Sertifikat Tanah

Tim detikcom - detikFinance
Minggu, 04 Sep 2022 11:49 WIB
Sertifikat Tanah
Foto: Dok. BPN
Jakarta -

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tangsel, sebar 151 bidang sertipikat tanah milik warga Kelurahan Lengkong Gudang, Serpong, yang diurus melalui program nasional Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau PTSL, Sabtu (3/9/2022).

Penyerahan 151 sertipikat tanah kepada warga Lengkong Gudang tersebut, merupakan target BPN Kota Tangsel yang harus rampung membagikan 500 PTSL warga Kecamatan Serpong hingga Oktober 2022 tahun ini.

Kepala BPN Kota Tangsel, Harison Mocodompis mengatakan, saat ini pihaknya baru menyerahkan 350 bidang sertipikat PTSL kepada masyarakat yang ada di sejumlah kelurahan di Kecamatan Serpong.

"Kan target tahun ini 500 sertipikat, kita sudah menyelesaikan 350 sertipikat. Untuk Kelurahan Lengkong Gudang berjumlah 151 ini sudah jadi sertipikat," kata Harison dalam keterangannya, ditulis Minggu (5/9/2022).

Sedangkan sisa sertipikat PTSL bagi masyarakat di Kecamatan Serpong, saat ini masih menunggu pengumuman pemberkasan untuk finalisasi yang dilakukan di beberapa kelurahan-kelurahan di Kecamatan Serpong dan kecamatan lainnya yang ada di Kota Tangsel. Pemberian sertipikat PTSL bagi masyarakat di Kecamatan Serpong, sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu.

"Penyerahan sertipikat PTSL masyarakat Serpong ini sebelummya sudah berjalan. Kalau bisa sebelum Oktober, sertipikat sudah kita serahkan ke masyarakat sini. Kita mau nya begitu, biar nggak terlalu lama," ungkapnya.

Pemberian sertipikat PTSL kepada masyarakat, kata Harison, tidak menutup kemungkinan hanya diberikan kepada masyarakat Serpong saja. Dia berharap, masyarakat di kecamatan-kecamatan lainnya di Kota Tangsel, yang belum menerima sertipikat yang di urus melalui program PTSL, juga akan menerima.

"Kita berharap seperti. Karena, ini kan perkotaan. Pasti diantara sebaran-sebaran sertipikat PTSL itu, pasti ada yang belum menerima PTSL. Ini yang harus kita lakukan," ujarnya.

Door To Door Antar Sertipikat ke Rumah Warga

Menariknya, penyerahan sertipikat PTSL tak hanya dilakukan di kantor kelurahan saja. Bagi pemilik sertipikat PRSL yang sudah lanjut usia atau sedang sakit, petugas BPN Kota Tangsel langsung menyambangi rumah-rumah warga di kelurahan tersebut.

Kepala Kantor BPN Kota Tangsel, Harison Mocodompis dan petugas BPN lainnya, dengan mengendarai motor menelusuri gang-gang sempit di pemukiman padat yang ada di kelurahan itu. Tiba di tujuan pada salah satu rumah di RT 004/001 Kelurahan Lengkong Gudang, pemilik rumah mendadak langsung bingung.

Namun setelah dijelaskan oleh Harison dan petugas PTSL kelurahan tersebut, si pemilik rumah langsung sumringah. Harison pun menyerahkan sertipikat PTSL kepada pemilik rumah yang belakangan diketahui bernama Liun (77).

Usai menyerahkan sertipikat PTSL kepada Liun yang memiliki tanah seluas 240 meter persegi itu, Harison dan petugas BPN lainnya kembali mendatangi pemilik sertipikat lainnya yang berada tak jauh dari rumah Liun. Kondisi serupa juga dialami oleh Ayub, pria berumur hampir 70 tahun itu terkejut lantaran di datangi petugas dari BPN Tangsel secara dadakan.

Harison mengatakan, kedatangannya ke rumah pemilik sertipikat PTSL, karena sebelumnya ada laporan dari pegawainya yang menyebutkan bahwa, beberapa calon penerima sertipikat PTSL di Kelurahan Lengkong Gudang ada yang sakit karena faktor usia.

"Jadi benar nggak dia sakit? Makanya untuk memastikannya, kami datangi si pemilik," ungkap Harison.

Menurutnya, penyerahan sertipikat berjumlah 151 bidang tanah kepada masyarakat Kelurahan Lengkong Gudang, harus benar-benar sampai kepada si pemilik. Sebab, program PTSL merupakan program pemerintah yang harus dikawal hingga tuntas.

"Kami di BPN Tangsel ingin memastikan bahwa, penyerahan sertipikat PTSL ini sesuai dengan harapan semua pihak," pungkasnya.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT