ADVERTISEMENT

Pengin Tahu Harga Properti di RI? Langsung Cek di Sini

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 14 Sep 2022 23:28 WIB
Gelaran Indonesia Properti Expo 2020 resmi dibuka. Pameran yang menyediakan berbagai rumah murah dan terjangkau terutama untuk kaum milenial ini diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Jakarta. 

Indonesia Properti Expo merupakan pameran yang telah dirintis sejak tahun 1992. Pameran ini terus berkelanjutan dan berkesinambungan diadakan secara regular setiap tahunnya.
Ilustrasi/Foto: Tripa Ramadhan
Jakarta -

Perubahan harga properti cenderung tak mudah diprediksi. Selain itu, persepsi soal harga juga berbeda-beda dari sisi investor, agen properti, konsultan, perbankan, hingga institusi keuangan.

Untuk itu, Knight Frank Indonesia sebagai konsultan properti meluncurkan KFMap.Asia (https://kfmap.asia) sebagai portal database properti yang menampilkan harga-harga properti di Indonesia.

Country Head Knight Frank Indonesia dan Founder KFMap.Asia, Willson Kalip, mengatakan peluncuran portal tersebut disebut akan memudahkan para investor dan kreditur dalam menentukan harga suatu properti.

"Karena tidak tersedianya data transaksi aktual, berdampak pada peningkatan risiko usaha. Sudah banyak pemangku kepentingan sektor properti yang terbantu oleh fitur data harga transaksi properti di KFMap ini, sehingga kondisi harga menjadi lebih transparan," katanya dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (14/9/2022).

Ia menambahkan data-data yang ada di portal akan menjadi sarana verifikasi awal dalam penentuan nilai properti. Hingga kini, sudah lebih dari 10.000 data harga dan lokasi properti di seluruh Indonesia yang tercatat.

"Inisiasi ini sejalan dengan program Presiden Joko WIdodo yang mencanangkan pembangunan infrastruktur dan properti untuk mewujudkan keadilan pembangunan dan transparansi harga properti di Indonesia," ungkapnya.

Kolaborasi dari perbankan, kantor jasa penilai, institusi keuangan, dan lembaga riset properti ini memberikan nilai tambah tersendiri dalam memperkaya jumlah sampel harga properti berdasarkan rekam jejak transaksi di lapangan. Ada tambahan satu bank internasional yang belum lama ini bergabung menjadi partner dalam kontribusi data harga properti.

KFMap.Asia ini diklaim menjadi portal pertama dan satu-satunya di Indonesia yang membantu transparansi dalam pemberian informasi data transaksi properti secara aktual dan eksklusif.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT