Kerja di Jakarta Beli Rumah di Cileungsi, Bisa Pulang Pergi Nggak Ya?

ADVERTISEMENT

d'House Hunter

Kerja di Jakarta Beli Rumah di Cileungsi, Bisa Pulang Pergi Nggak Ya?

Ilyas Fadilah - detikFinance
Minggu, 02 Okt 2022 19:30 WIB
Rumah di Cileungsi
Foto: Ilyas Fadilah
Jakarta -

Kabupaten Bogor merupakan salah satu kawasan penyangga ibu kota Jakarta. Kawasan ini menjadi alternatif yang perlu dipertimbangkan bagi yang mau membeli rumah.

Salah satu wilayah Kabupaten Bogor yang banyak huniannya adalah Kecamatan Cileungsi. Lokasi ini cukup strategis karena dikelilingi fasilitas umum.

Selain itu, akses transportasi menuju Jakarta terbilang mudah. Kamu bisa melintasi Jalan Raya Transyogi untuk sampai ke Jakarta.

Lantas, apakah worth it membeli hunian di Cileungsi bila bekerja di Jakarta?

Boy, Marketing perumahan Citra Swarna Riverside menjelaskan Cileungsi memiliki dua akses tol cukup dekat. Keduanya adalah Tol Cibubur dan tol Gunung Putri.

"Ke Jakarta paling satu sampai satu setengah jam lah. Kan udah ada tol, Cibubur sama Gunung Putri. Ya estimasi kita segitu lah," katanya kepada tim D'House Hunter, Senin (19/9/2022).

Jadi, bila detikers punya mobil dan ingin ke Jakarta dari Cileungsi, maka bisa mengakses jalan tol tersebut. Estimasi waktu tempuh adalah satu jam hingga satu setengah jam.

Namun hal tersebut dengan satu catatan, yakni saat jalan tidak macet. Bila jalanan macet maka estimasinya tentu lebih lama.

Sebelumnya, tim D'House Hunter mencoba perjalanan menggunakan motor dari Mampang Prapatan, Jakarta Selatan menuju Cileungsi. Estimasi perjalanan berdasarkan google map adalah sekitar satu setengah jam. Namun perjalan memakan waktu sekitar dua jam karena terjadi kemacetan di Jalan Transyogi.

Senada dengan Boy, Hendri, Marketing di Nusa Indah Cileungsi menjelaskan akses ke Jakarta cukup mudah. Jika menggunakan transportasi umum, bisa lewat terminal Cileungsi atau stasiun Nambo.

"Terminal Cileungsi cukup dekat 15 menitan lah. Bisa juga titip motor di sana kalau mau melanjutkan perjalanan. Semua jurusan sudah ada, ke Bandara Soekarno Hatta, Grogol, Cawang UKI, Tanjung Priok, sudah ada," katanya.

Kalau ingin naik Trans Jakarta bisa melalui Cibubur Junction. Jarak dari Perumahan Nusa Indah Cileungsi ke Cibubur Junction sekitar 20-30 menitan.

Akses ke Jakarta juga bisa ditempuh memakai KRL di Stasiun Nambo. Jaraknya sekitar setengah jam dari Perumahan Nusa Indah Cileungsi. Namun menurut Hendri, jadwal keberangkatan KRL mungkin tidak sepadat seperti di Depok atau Kota Bogor.

Sebagai informasi, akses jalan Transyogi atau jalan raya Cibubur-Jonggol cukup lebar. Fisik jalan cukup bagus dan tergolong mulus. Dengan lebar jalan yang luas, jalan ini banyak dilintasi kendaraan bervolume besar, seperti truk dan bus antar provinsi.

Namun tim detikcom memantau sedang ada proyek perbaikan jalan yang menghambat arus lalu lintas. Di waktu sibuk seperti jam berangkat kerja dan jam pulang kerja arus lalu lintas terpantau macet.

Sementara itu, Ahmad, sales marketing perumahan Permata Cileungsi di Desa Mampir, Gandong menilai perumahan di Cileungsi bisa dipertimbangkan dibeli oleh pekerja di Jakarta. Wilayah ini menawarkan harga yang lebih murah dengan fasilitas lebih lengkap dibanding di Jakarta.

Terkait apakah bisa melakukan kerja pulang pergi dari Cileungsi ke Jakarta, menurutnya itu tergantung referensi masing-masing. Namun dengan akses transportasi yang tersedia di Cileungsi, Ahmad menilai hal tersebut mungkin saja dilakukan.



Simak Video "Ribut Pemuda Bawa-bawa 'Pribumi' Berujung Dimediasi Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT