Wow! Bakal Ada Smart City di IKN, Digarap BUMN & LG

ADVERTISEMENT

Wow! Bakal Ada Smart City di IKN, Digarap BUMN & LG

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 07 Okt 2022 21:48 WIB
Warga menjemur pakaian di teras rumahnya yaitu pemukiman yang berada dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (15/3/2022). Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN Nusantara seluas 6.671 hektare itu rencananya akan terbagi menjadi tiga klaster, yaitu klaster kawasan inti pemerintahan, klaster pendidikan, dan klaster kesehatan. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nym.
Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A: Kawasan IKN Nusantara
Jakarta -

PT PP (Persero) Tbk (PTPP) bekerja sama dengan LG CNS Company Limited (LG CNS) untuk rencana kolaborasi mengembangkan proyek Smart City di Ibu Kota Negara (IKN), di Kalimantan Timur.

"Dengan pengalaman dan keahlian yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan, PTPP bersama LG CNS yakin kolaborasi tersebut dapat memberikan implementasi terbaik dalam penerapan Smart City di IKN nanti," kata Sekretaris PTPP Bakhtiyar Efendi dalam keterangan resmi, Jumat (7/10/2022).

Pembangunan IKN Nusantara masih terus dikembangkan hingga saat ini di mana salah satu pengembangannya mengusung konsep smart city modern. Konsep intelligent city sebagai wujud pengembangan dari konsep smart city akan mendorong percepatan modernisasi kota melalui pemanfaatan teknologi sebagai dasar pengembangan konsep ini.

Bagi pemerintah, penerapan konsep intelligent city di IKN Nusantara tidak hanya dilakukan sebagai upaya dalam mensejajarkan IKN Nusantara dengan ibu kota lain yang telah mengusung konsep serupa, melainkan diharapkan dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia dalam mengembangkan konsep intelligent city sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya juga kelestarian lingkungan.

Disaksikan oleh Anton Satyo Hendriatmo selaku Direktur Operasi Bidang Gedung PTPP dan Cho Sung Mook selaku President Director LG CNS Indonesia, penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dilakukan oleh Andek Prabowo selaku SVP Operasi Gedung PTPP dan Benjamin Yoo selaku VP LG CNS Smart City & Mobility Business Unit.

Dengan kolaborasi bersama PTPP, LG CNS berharap dapat memberikan sinergi terbaik di antara bidang konstruksi dan teknologi informasi untuk memberikan solusi kota pintar di IKN Nusantara.

"Dengan pengalaman yang dimiliki oleh LG CNS Smart City di Korea, kami yakin dapat menjadi tolak ukur yang sangat baik dalam memberikan konstribusi implementasi pengembangan Smart City di Indonesia," kata Benyamin Yoo.

(aid/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT