ADVERTISEMENT

Ibu Kota Pindah, Erick Thohir: Jangan Ada Persepsi Pemerintah Tinggalkan Jakarta

Herdi Alif Al Hikam, Ilyas Fadilah - detikFinance
Sabtu, 29 Okt 2022 15:43 WIB
Erick Thohir
Foto: dok. USU: Menteri BUMN Erick Thohir
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir telah bertemu Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. Erick mengaku membahas beberapa hal, termasuk nasib Jakarta setelah ibu kota pindah ke Kalimantan Timur.

Erick menyebut pemerintah akan tetap memperhatikan DKI Jakarta. Hal itu disampaikannya usai acara usai acara HUT Kalla Group di Hotel Kempinski, Jakarta.

"Jangan ada persepsi seakan-akan pemerintah pusat itu meninggalkan DKI Jakarta," kata Erick Thohir, Jumat (28/10/2022).

Erick mengatakan, pemindahan ibu kota merupakan upaya pemerintah memeratakan pertumbuhan kota-kota besar. Sebagai negara besar, seharusnya Indonesia memiliki 10 kota besar.

"Bahwa dengan total penduduk 273 juta, kalau kita coba bandingkan dengan beberapa negara yang populasinya mirip, contoh aja Amerika misalnya, kalau China lebih besar, Itu kan minimal ada 10 kota besar. Artinya kita harus memeratakan pertumbuhan kota yang besar-besar ini. Salah satunya tentu membangun IKN," katanya menambahkan.

Erick menegaskan pembangunan di Jakarta akan tetap lanjut. Hal ini jugalah yang dibicarakan dengan Heru Budi.

"Lalu Jakartanya sendiri apa? Terus masa nggak dibangun? Tetap dibangun. Makanya salah satu pertemuan dengan pak Heru bisa nggak kita konsolidasi beberapa aset antara pemerintah pusat dan pemda," pungkasnya.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT