Tips Mencari Bahan Bangunan Berkualitas

ADVERTISEMENT

Tips Mencari Bahan Bangunan Berkualitas

Sponsored - detikFinance
Senin, 07 Nov 2022 20:26 WIB
Ilustrasi Bahan Bangunan
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Membangun rumah impian merupakan cita-cita semua orang, baik itu yang sudah berkeluarga atau pun belum berkeluarga. Bermimpi untuk memberikan hunian dan tempat berlindung yang nyaman bagi keluarga tercinta, tentu menjadi sebuah pencapaian tersendiri.

Bangunan rumah yang berkualitas selama ini identik dengan pembangunan yang melibatkan arsitek dan konduktor profesional. Meskipun ini memang benar adanya, Anda pun juga dapat membangun rumah sendiri, merancang desain rumah sendiri, hingga bahkan memilih bahan bangunan sendiri.

Akan tetapi, ini tentu menjadi sebuah PR yang cukup besar, karena rumah yang akan dibangun merupakan calon hunian dalam kurun waktu lama. Nah, supaya Anda tidak merasa dirugikan saat membeli bahan bangunan, penting untuk Anda mengetahui tips memilih bahan bangunan berkualitas.

Apa saja tipsnya? Berikut ini penjabaran lengkap mencari bahan bangunan berkualitas sesuai dengan bahan-bahan bangunan.

1. Keramik

Tips pertama yaitu berkaitan dengan cara memilih keramik berkualitas. Ini penting untuk Anda lakukan, karena keramik akan menjadi dasar rumah yang melindungi seisi rumah dari kotoran.

Apabila Anda memilih keramik yang tidak sesuai, mungkin hanya dalam kurun waktu beberapa saat saja keramik tersebut akan mengalami pengeroposan dan harus diganti dengan yang baru.

Agar hal ini tidak terjadi, Anda perlu mengetahui tips memilih keramik yang berkualitas. Biasanya, keramik yang berkualitas memiliki bobot yang berat. Bobot berat ini menandakan bahwa keramik memiliki kepadatan yang baik. Selain itu, keramik berkualitas tahan goresan dan ukurannya akan presisi untuk memudahkan proses pemasangan di lantai.

2. Besi

Pilihlah besi berkualitas yang sudah memiliki merek atau sudah berlogo SNI. Besi yang berlogo SNI menandakan bahwa kualitas besi tersebut sudah diuji terlebih dahulu dalam beberapa eksperimen yang kemungkinan terjadi di kondisi rumah.

Ini bisa mencakup kondisi cuaca yang buruk, ketahanan besi dalam bertahun-tahun, dan masih banyak lagi. Biasanya, besi bermerek atau sudah berlogo SNI dibanderol dengan harga bahan bangunan lebih mahal. Namun, ini tentu bukan masalah, agar rumah yang hendak akan bangun dapat berdiri kokoh dalam kurun waktu yang lama.

3. Semen

Tips memilih bahan bangunan berkualitas selanjutnya yaitu terkait dengan semen. Untuk semen sendiri, saat ini, sudah banyak beredar di pasaran merek-merek semen terkenal yang sudah terjamin dan terbukti kualitasnya.

Semen sendiri merupakan produk olahan yang harus diproses terlebih dahulu di pabrik. Sehingga, untuk menentukan apakah semen itu bagus atau tidak, dapat Anda lihat dari merek produsen semen hingga semen yang sudah berlogo SNI.

4. Genting

Bahan bangunan berikutnya yaitu genting. Bagaimana tips memilih genteng berkualitas untuk hunian impian?

Untuk saat ini, banyak sekali merek genting yang berasal dari keramik dipilih oleh orang-orang. Genting dari keramik dinilai lebih tahan akan kondisi cuaca yang berubah, lebih awet, serta warnanya tidak cepat pudar.

Tak hanya itu, genting dari keramik juga lebih kuat dan tahan banting. Ini karena genting dari keramik pada proses pembuatannya telah melalui proses pembakaran. Proses pembakaran inilah yang membuat genteng keramik jadi kuat dan tahan lama.

5. Kayu

Apa yang menjadi ciri-ciri kayu memiliki kualitas bagus? Ada beberapa karakteristik yang bisa Anda jadikan sebagai patokan ketika hendak memilih kayu.

Pertama, biasanya kayu dengan kualitas yang bagus memiliki tekstur lebih keras. Ini bisa Anda lihat dari segi kerapatan kayu. Salah satu kayu yang memiliki kualitas terbaik merupakan kayu yang berasal dari kayu jati.

Selain tekstur, aroma kayu juga menjadi penentu apakah sebuah kayu dapat bertahan lama selama bertahun-tahun. Biasanya, kayu yang berkualitas baik akan mengeluarkan aroma manis khas kayu. Ini menjadi tanda lainnya dari kayu berkualitas baik.

6. Pasir

Bahan bangunan selanjutnya yaitu pasir. Untuk menentukan apakah pasir berkualitas baik atau tidak, Anda dapat mencoba dengan menggenggam pasir di genggaman tangan. Apabila Anda merasa saat menggenggam pasir tidak ada rasa tertusuk di telapak tangan, maka bisa dibilang kalau pasir itu memiliki kualitas yang bagus.

Selain itu, untuk menentukan pasir berkualitas baik atau tidak dapat dilihat dari teksturnya. Apabila pasir memiliki tekstur menggumpal saat sudah digenggam, bisa dipastikan bahwa pasir tersebut sudah dicampur dengan lumpur. Pasir seperti ini tidak cocok dijadikan bahan untuk membangun rumah. Karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam memilih pasir terbaik.

7. Batu Bata

Terakhir, yaitu bahan bangunan batu bata. Cara untuk menentukan apakah bahan bangunan batu bata berkualitas atau tidak dapat dilakukan dengan mengetuk permukaan batu bata.

Apabila permukaan batu bata yang Anda ketuk menghasilkan suara nyaring, ini menjadi pertanda bahwa batu bata memiliki kualitas yang baik.

Selain itu, batu bata berkualitas akan memiliki bobot yang ringan. Ini menandakan bahwa batu bata memiliki pori-pori yang padat sehingga tidak akan mudah pecah atau retak.

Nah, itulah beberapa cara memilih bahan bangunan yang baik dan berkualitas. Apabila Anda sedang mencari tempat untuk membeli bahan bangunan terbaik, Anda dapat mencoba untuk cek Buka Bangunan.

Ada berbagai macam bahan bangunan serta harga bahan bangunan bisa Anda temukan di BukaBangunan. Tinggal menyesuaikan dengan budget yang Anda telah siapkan.

(Content Promotion/Buka Lapak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT