Baru IPO, Emiten Properti Ini Mau Borong Tanah Rp 100 M di Dekat IKN

ADVERTISEMENT

Baru IPO, Emiten Properti Ini Mau Borong Tanah Rp 100 M di Dekat IKN

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 10 Nov 2022 13:59 WIB
Pengembang Borong Tanah di IKN
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Dampak positif dari pembangunan IKN sudah sangat terasa di Kaltim. Salah satunya adalah munculnya sejumlah pengembang yang mau membeli tanah sekitar untuk kemudian dilakukan pengembangan.

Sebut saja, PT Wulandari Bangun Laksana Tbk (BSBK) yang akan menyiapkan dana sebesar Rp 100 miliar untuk pembelian tanah seluas sekitar 1,2 hektar di wilayah kota Balikpapan dan sekitarnya. Perusahaan sendiri baru saja melakukan listing di papan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Rencana pembelian lahan baru akan meningkatkan jumlah land bank yang telah dimiliki BSBK saat ini, sehingga dapat mendukung rencana ekspansi di masa yang akan datang guna menangkap peluang bisnis dari pengembangan IKN.

Perusahaan menilai bahwa pembangunan proyek pendukung IKN melibatkan banyak tenaga kerja baik lokal dan luar Balikpapan, sehingga dampak lain dari proyek ini selain kebutuhan sandang, pangan, otomatis permintaan properti juga meningkat.

"Kami sangat merasakan dampak positif dari pembangunan IKN. Bagi kami, kepindahan ibu kota negara ini merupakan peluang emas untuk ekspansi di wilayah baru," kata Direktur Utama BSBK Christopher Sumasto Tjia dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (10/11/2022).

Sebagaimana diketahui, saat ini pemerintah tengah mempersiapkan perpindahan ASN ke IKN. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengatakan pemerintah menyiapkan empat skenario pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Selain itu, dalam memindahkan ASN ke IKN Nusantara, pemerintah akan melihat realisasi pembangunan sistem pendukung, seperti penyediaan tata ruang, ketersediaan kantor, dan prioritas dalam urusan pemerintahan.

Oleh karenanya menurut Christopher, pindahnya IKN menjadi momentum yang pas sekaligus kesempatan emas bagi BSBK untuk memperbesar potensi bisnis properti di kawasan Balikpapan. Ini didukung oleh produk-produk unggulan yang dimiliki BSBK dan berdiri di pusat kota dengan lokasi yang sangat strategis.

Produk-produk yang dimiliki BSBK berdekatan dengan pusat perbelanjaan, perkantoran, hiburan dan kebutuhan hidup lainnya. Selain lokasi yang strategis, yaitu berdiri di kawasan Balikpapan Superblock, BSBK didukung fasilitas lainnya, seperti pusat hiburan Pantai BSB, dan Aquaboom.

Christopher optimistis, lokasi strategis dan fasilitas lengkap dan berkualitas, mampu menjadi daya tarik bagi para investor untuk berinvestasi di kawasan prestisus ini.

"Di kawasan Balikpapan Superblock itu, BSBK menyediakan sarana olahraga, seperti CNC Fitness Center, BSB Bowling, dan pusat kuliner. BSBK ke depan menjadi perusahaan benchmark properti di kawasan Balikpapan yang menggarap proyek bertaraf internasional," katanya.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT