Airlangga Pamer ke Ribuan Pengusaha Dunia soal Strategi RI Bangun IKN

ADVERTISEMENT

KTT G20

Airlangga Pamer ke Ribuan Pengusaha Dunia soal Strategi RI Bangun IKN

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 14 Nov 2022 10:33 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Foto: Dok. Kementerian Perekonomian
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memamerkan bagaimana strategi membangun ibu kota negara (IKN) pasca pandemi COVID-19. Kuncinya bagaimana strategi pemulihan ekonomi yang telah dilakukan Indonesia.

Adapun strategi untuk memulihkan ekonomi Indonesia di antaranya, bagaimana cara mempertahankan ketahanan pangan, meningkatkan teknologi, efisiensi bisnis, hingga transformasi lingkungan dan bisnis yang berkelanjutan.

"Pendekatan ini diadopsi dalam rencana kami untuk membangun ibu kota baru yaitu Nusantara yang akan menggabungkan keberlanjutan, mobilitas cerdas, kota cerdas, infrastruktur berkualitas, dan pengembangan sumber daya manusia. Peluang harus tentang anak-anak kita dan cicit kita," ungkapnya, dalam agenda B20 Summit Indonesia, Senin (14/11/2022).

"Kami mengundang anda semua untuk menjadi bagian dari Indonesia," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Airlangga juga mengungkap angka pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pada kuartal tiga saja ekonomi Indonesia tumbuh 5,72% yoy. Sebagian besar pertumbuhan ini dari sektor, transportasi, makanan minuman, hingga manufaktur.

"Kami memperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh sebesar 5,4% pada tahun 2022, jauh lebih tinggi dari perkiraan awal," jelasnya.

(ada/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT