Erick Thohir Lepas Bina Karya buat Urus IKN

ADVERTISEMENT

Erick Thohir Lepas Bina Karya buat Urus IKN

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 06 Des 2022 19:45 WIB
Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir/Foto: dok. Satria Muda
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pengalihan PT Bina Karya (Persero) ke Otorita IKN telah selesai. Badan usaha ini akan mengelola aset-aset yang ada di Ibu Kota Negara (IKN).

Erick Thohir rela menyerahkan perusahaan tersebut ke Otorita IKN. Apalagi, pihaknya tengah merampingkan BUMN.

"Sudah, sudah selesai. Jadi kan begini, rencana IKN itu, salah satunya kan bagaimana mempunyai badan usaha yang bisa mengelola aset-aset secara transparan. Nah kalau membentuk itu baru, kan di BUMN masih juga banyak perusahaan-perusahaan yang memang sudah tidak masuk menjadi blueprint-nya BUMN, nah salah satunya itu diambil, saya rela. Kan makin bagus, orang mau nutup ratusan kok," jelas Erick di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Dia mengatakan perusahaan tersebut sudah tidak ada hubungan lagi dengan BUMN. Pihaknya hanya memberikan 'cangkang' kepada Otorita IKN.

"Sudah clear, enggak ada hubungan dengan BUMN, itu langsung antara IKN sama pemerintah pusat kan. Cuma, kita cuma kasih cangkangnya," kata Erick.

Erick menerangkan, pihaknya telah melepaskan aset-aset pada Bina Karya. Dia bilang, yang diserahkan kepada Badan Otorita hanya PT-nya.

"Kan asetnya kita sudah lepas semua, kita hanya memberikan PT-nya dan itu dijadiin tentu cangkang buat kegiatan yang ada di IKN dan tidak ada hubungan sama BUMN lagi," ujarnya.

(acd/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT