IKN Bakal Punya 4 Jalur Sepeda Lho, Cek Nih Rinciannya

ADVERTISEMENT

IKN Bakal Punya 4 Jalur Sepeda Lho, Cek Nih Rinciannya

Ilyas Fadilah - detikFinance
Sabtu, 07 Jan 2023 16:00 WIB
Pemprov DKI Jakarta telah merevitalisasi Taman Semanggi. Selain tampil lebih modern, taman itu juga dilengkapi dengan akses pejalan kaki dan jalur sepeda.
Ilustrasi jalur sepeda/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

IKN Nusantara bakal dilengkapi dengan jalur sepeda. Pemerintah berencana membangun beberapa jenis jalur sepeda.

Melansir laman Instagram Kementerian PUPR @kemenpupr, Sabtu (7/1/2023), pertama adalah jalur sepeda yang dipisahkan oleh separator.

"Diperuntukkan bagi pesepeda yang dipisahkan dari kendaraan bermotor dengan pemisah berupa separator," tulis Kementerian PUPR.

Kedua adalah jalan berbagi atau shared street. Jalur ini didesain untuk kecepatan rendah dan digunakan bersama oleh pejalan kaki, pesepeda, dan lalu lintas kendaraan bermotor.

Ketiga adalah jalur sepeda hijau atau green promenade. Jalur sepeda ini tidak sejajar dengan jalur kendaraan bermotor. Jalur ini ditempatkan pada tepian lot persil/kavling yang bersinggungan ada berada pada ruang terbuka hijau Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Keempat adalah jalur sepeda tembus atau easement. Jalur ini diperuntukkan bagi pesepeda yang berfungsi sebagai jalan pintas melewati kavling bangunan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pesepeda dan pejalan kaki bakal menjadi prioritas di IKN Nusantara. Dengan begitu IKN diharapkan tidak akan macet.

"Jadi yang kita hargai di sana adalah pejalan kaki dan pengguna sepeda," kata Jokowi beberapa waktu lalu.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT