Rumah Mewah Ibu Eny Terbengkalai, Viral, hingga Jadi Spot Bikin Konten

ADVERTISEMENT

Rumah Mewah Ibu Eny Terbengkalai, Viral, hingga Jadi Spot Bikin Konten

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Sabtu, 07 Jan 2023 20:35 WIB
Petugas PPSU dan damkar kembali membersihkan rumah mewah Ibu Eny. Simak, berikut kondisi before-after setelah rumah Bu Eny dibersihkan menyeluruh. (Rumondang Naibaho/detikcom)
Foto: Petugas PPSU dan damkar kembali membersihkan rumah mewah Ibu Eny(Rumondang Naibaho/detikcom)
Jakarta -

Kisah Ibu Eny dan putranya, Tiko, tengah mendapat sorotan publik hingga viral di media sosial. Ibu dan anak ini tinggal di sebuah rumah mewah terbengkalai tanpa aliran listrik dan air selama 12 tahun lamanya.

Rumah mewah ibu Eny berlokasi di Jl. Peron, kawasan Komplek PLN Klender, Jakarta Timur. Rumah tersebut disebut-sebut sebagai rumah mewah lantaran ukurannya yang terbilang cukup besar di antara rumah-rumah lainnya.

Ketika detikcom menyambangi kawasan, Jumat (06/01/2022), memang rumah tersebut nampak seolah lebih besar dari para tetangganya. Yang membuatnya demikian, rumah ini memiliki 2 lantai, ditambah posisinya yang berada di hook alias pojok.

Sedangkan untuk luasan lahannya, rumah ini berkisar di 300-400 m2. Luasan ini pun tidak jauh berbeda dengan luasan lahan rata-rata rumah tetangga Ibu Eny.

Kondisi terkini rumah mewah terbengkalai milik Ibu Eny di Cakung, Jakarta, Rabu (4/1/2023). ANTARA/Yogi RachmanKondisi rumah mewah ibu Eny terbengkalai di Cakung, Jakarta, Rabu (4/1/2023). ANTARA/Yogi Rachman Foto: Kondisi terkini rumah mewah terbengkalai milik Ibu Eny di Cakung, Jakarta, Rabu (4/1/2023). ANTARA/Yogi Rachman

"Rumah di Jl. Peron ini memang yang gede-gede. Rumah ini (Bu Eny) keliatan paling gede karena dia di hook. Tapi hampir sama ukurannya," ujar Ketua RW setempat, saat ditemui detikcom di lokasi.

Kesan besar dan megah pun semakin terlihat karena tepat di depan rumah Bu Eny, berdiri beberapa rumah dengan ukuran yang lebih kecil dari kebanyakan rumah di Jl. Peron, yakni hampir setengah rumah Bu Eny atau sekitar 250 m2.

"Ini (rumah di depan rumah Tiko) memang yang kecil-kecil di jalan ini. Sekitar 250 m2 mungkin ya," sambungnya.

Karena kisah tersebut, tidak sedikit dari masyarakat sekitar yang penasaran dan datang mengunjungi lokasi, mulai anak kecil hingga dewasa. Keberadaannya pun sampai memenuhi jalan. Ada yang hanya ingin melihat karena penasaran, dan ada juga wartawan hingga influencer yang berniat membuat konten.

Rumah ini juga telah dibersihkan oleh warga dan aparat setempat sejak beberapa hari lalu. Oleh karena itu, kondisinya kini sudah jauh lebih baik dibandingkan dengan saat pertama kali kisah ini viral di media sosial.

Rumah Mewah Ibu EnyRumah Mewah Ibu Eny setelah dibersihkan petugas Damkar Foto: (Shafira Cendra Arini/detikcom)

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT