Nggak Tangan Kosong, Anwar Ibrahim Bawa 11 Komitmen Investasi Malaysia buat IKN

ADVERTISEMENT

Nggak Tangan Kosong, Anwar Ibrahim Bawa 11 Komitmen Investasi Malaysia buat IKN

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 09 Jan 2023 14:28 WIB
Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengumumkan ada tiga investor yang bakal menopang pembangunan hunian Aparatur Sipil Negara (ASN) senilai Rp 41 T.
Foto: Dok. Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN)
Jakarta -

Kedatangan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim ke Indonesia disambut secara hangat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam kunjungannya kali ini, Anwar Ibrahim ternyata membawa oleh-oleh bagi Indonesia.

Oleh-oleh tersebut adalah komitmen investasi dari 11 investor Malaysia untuk membangun ibu kota negara (IKN) baru Nusantara di Kalimantan Timur. Sudah ada letter of intent atau pernyataan resmi ketertarikan yang diberikan oleh pemerintah Malaysia kepada pihak Otorita IKN.

"Saya sambut baik minat para investor Malaysia dalam pembangunan Ibu Kota Negara Baru Nusantara. 11 letter of intent telah ditandatangani sektor swasta Malaysia dan diserahkan ke Otorita IKN," ungkap Jokowi dalam keterangan pers usai melakukan pertemuan empat mata dengan Anwar Ibrahim di Istana Kepresidenan Bogor, ditayangkan virtual, Senin (9/1/2023).

Jokowi memaparkan 11 investor yang menyatakan minatnya ke IKN bergerak di berbagai sektor usaha. Mulai dari sektor elektronik, kesehatan, pengelolaan limbah, konstruksi, dan properti.

Selain pemberian 11 letter of intent untuk investasi ke IKN masih ada beberapa kerja sama bisnis yang dibahas Jokowi dengan Anwar Ibrahim. Mulai dari kerja sama perkapalan hingga pengembangan industri baterai.

"Selain itu, ada juga sejumlah MOU di bidang perkapalan, pembiayaan ekspor impor, energi hijau, dan pengembangan industri baterai dan lain-lain yang sudah ditandatangani hari ini," papar Jokowi.

Simak video 'Anwar Ibrahim: Indonesia Punya Tempat Khusus di Hati Saya':

[Gambas:Video 20detik]



(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT