100% Buatan Lokal, Genteng Kanmuri Kantongi Sertifikasi Internasional

ADVERTISEMENT

100% Buatan Lokal, Genteng Kanmuri Kantongi Sertifikasi Internasional

Atta Kharisma - detikFinance
Kamis, 23 Feb 2023 16:26 WIB
Genteng Kanmuri
Foto: dok. Atta Kharisma/detikcom
Jakarta -

Pameran Megabuild Indonesia Edisi ke-20 dan Keramika Indonesia Edisi ke-9 kembali digelar tahun ini. Kedua ajang tersebut merupakan pameran arsitektur, desain interior, bahan bangunan dan konstruksi terbesar di Indonesia.

Gelaran kali ini turut menghadirkan sejumlah developer bahan bangunan dan arsitektur terkemuka di Indonesia. Salah satunya adalah Kanmuri, brand produk genteng yang hadir dengan memperkenalkan beragam produk unggulannya.

Deputi General Manager Kanmuri Ferry Setiawan menjelaskan produk Kanmuri adalah genteng keramik berglazur yang bahan bakunya 100% berasal dari dalam negeri. Sehingga, membuat Kanmuri sebagai produk unggulan buatan lokal.

"Kanmuri ini merupakan produk Indonesia 100%. Pemerintah sekarang sedang menggalangkan P3DN (Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri), maka dari itu kita juga membuat TKDN. Jadi Kanmuri sudah ada TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) sebesar 80,89%. Jadi kita membantu pemerintah untuk penggunaan produk-produk dalam negeri," ujar Ferry pada pameran Megabuild dan Keramika Indonesia di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (23/2/2022).

Ferry menjelaskan di ajang kali ini, Kanmuri hadir dengan membawa tiga profile genteng unggulannya. Ketiga profile tersebut yakni Espanica, Milenio dan Full Flat yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen.

Ferry mengatakan profile Espanica merupakan salah satu pilihan favorit yang cocok dipadukan dengan bangunan bergaya ethnic, eropa klasik, dan mediterania.

"Kemudian kalau untuk yang Milenio, dia cocok untuk (bangunan) yang modern kontemporer," sambung Ferry.

Sedangkan untuk Full Flat merupakan salah satu inovasi terbaru dari Kanmuri yang diperuntukkan untuk bangunan dengan gaya arsitek modern minimalis. General Manager Kanmuri John S.L. Chang mengungkapkan profile Full Flat merupakan inovasi terbaru yang menggabungkan antara teknologi Jepang dengan Eropa.

"Teknologi kita bukan hanya dari Jepang. Sekarang kita udah pakai juga, misalnya Flat itu kita juga pakai (teknologi) dari Italia. Jadi kita combine dua teknologi yang tinggi, mana yang paling bagus kita pakai untuk ini," paparnya.

Genteng KanmuriGenteng Kanmuri Foto: dok. Atta Kharisma/detikcom

Lebih lanjut, John Chang mengatakan produk Kanmuri menjadi kebanggaan tersendiri karena merupakan produk buatan lokal yang sangat direkomendasikan untuk bangunan di daerah tropis dengan curah hujan tinggi, lembab dan panas terik seperti di Indonesia.

"Kita harus bangga terhadap produk buatan lokal seperti Kanmuri yang terus berkomitmen memberikan produk berkualitas prima. Kami sudah memproduksi ratusan juta keping genteng sejak tahun 1997 dan telah dipercaya oleh properti-properti besar ternama di Indonesia hingga saat ini," ucapnya.

John Chang menambahkan dari segi kualitas, produk Kanmuri telah mengantongi sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) serta sertifikasi Japan Industrial Standard (JIS). Menurutnya, hal ini merupakan wujud komitmen Kanmuri untuk terus menghadirkan produk genteng keramik berkualitas sesuai dengan standardisasi yang telah diakui demi kenyamanan serta kepuasan konsumen.

"Kualitasnya dapat dilihat dari kekuatan, ketahanan dan keawetan warnanya karena melalui proses pembakaran hingga suhu 1.100 derajat Celcius hingga mencapai fase rekatan yang stabil dan menghasilkan warna permanen, tidak pudar, bebas perawatan," paparnya.

"Kita punya desain pun sebetulnya sudah dites di Jepang. Jadi kalau dilihat, profile kita di Jepang itu ada. Kita ada Espanica di Jepang, kita ada Milenio di Jepang, Flat juga dari Jepang. Jadi secara practical itu udah di tes tidak akan bocor," ujar John Chang.

Hadirkan Aksesoris Terlengkap

John Chang menyampaikan produk Kanmuri menghadirkan aksesoris genteng terlengkap dibandingkan pengembang genteng lainnya.

"Kita bukan hanya produk, tapi kita juga perhatikan adalah aksesoris. Jadi aksesoris kita paling lengkap," ungkapnya.

Salah satunya adalah Lapping Tile. John Chang menjelaskan pemasangan Lapping Tile bertujuan untuk menghindari keretakan dan kebocoran pada genteng.

"Kalau dulu, kita pasang genteng selalu nok di bawah karpus. Tapi sekarang karpus itu, kalau tukangnya pasang terlalu tinggi sering kali retak dan jadi bocor. Kita ada satu namanya Lapping Tile, itu khusus pemasangan yang pakai semen. Jadi kalau ada Lapping Tile sudah aman," terangnya.

Selain Lapping Tile, Kanmuri juga menawarkan aksesoris berupa pemasangan Dry Fix untuk genteng Full Flat yang memungkinkan pemasangan tanpa menggunakan semen sehingga hasilnya menjadi lebih rapi dan tidak kotor.

Untuk memudahkan kontraktor, arsitek, konsultan hingga konsumen dalam menentukan pilihan genteng yang dibutuhkan, Kanmuri juga sudah meluncurkan aplikasi Kanmuri Roof yang dapat diunduh melalui Play Store.

Lewat aplikasi tersebut, kontraktor hingga konsumen sekalipun dapat dengan mudah mencari produk genteng yang dibutuhkan. Selain itu, ada pula video dan petunjuk instalasi untuk memudahkan para konsumen Kanmuri. Kanmuri Roof juga dilengkapi dengan fitur Calculation guna memudahkan perhitungan kebutuhan genteng yang diperlukan.

"Pada prinsipnya membeli genteng adalah kebutuhan satu kali untuk jangka waktu yang sangat lama. Keputusan yang salah akan mengakibatkan biaya yang jauh lebih besar untuk memperbaikinya. Hanya genteng Kanmuri yang sekali pakai untuk selamanya. Banggalah dalam memilih dan menggunakan produk lokal," pungkas John Chang.



Simak Video "Rampak Genteng Meriahkan Peringatan Hari Pahlawan di Majalengka"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT