img_list
Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 05 Nov 2014 07:12 WIB

Punya Gaji Rp 2,5 Juta Ingin Mulai Investasi Saham, Ini Tipsnya

- detikFinance
Jakarta - Pertanyaan dari Pembaca: Saya ingin memulai berinvestasi di bidang saham, dengan penghasilan bersih saya Rp 2,5 juta per bulan dan saya tertarik berinvestasi di bidang properti.

Yang jadi pertanyaan saya adalah, seandainya kalau saya membeli saham apakah saya cuma sekali membeli saham (biaya beli saham), atau dikenakan biaya sesuai bulanan sesuai nilai saham yang saya miliki?

Mohon maaf kalau pertanyaan saya membingungkan atas pengertiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Jawaban:
Kepada mas Hadi, biaya yang dikenakan terkait kepemilikan saham biasanya ada dua macam yaitu fee jual beli dan biaya administrasi data. Untuk fee jual beli hanya dikenakan sekali saja saat melakukan pembelian atau penjualan saham.

Fee beli biasanya sebesar 0.25% dan fee jual 0.35%. Sebagai contoh katakanlah mas Hadi membeli saham ASII 10 lot di harga Rp 6.500 dan seminggu kemudian menjual saham tersebut di harga Rp 6.900.

Saat pembelian akan dikenakan fee sebesar Rp 16.250 (10 lot x 100 lembar x Rp 6,500 x 0,25%) dan saat penjualan dikenakan fee sebesar Rp 17,250 (10 lot x 100 lembar x Rp 6,900 x 0,35%).

Total fee yang harus dikeluarkan sebesar Rp 33,500. Ini dikenakan sekali saja saat melakukan pembelian dan/atau penjualan saham. Untuk besaran fee bisa ditanyakan di broker tempat mas Hadi membuka account.

Selain itu, ada biaya administrasi data sebesar Rp 30.000 per bulan. Biaya ini dikenakan tiap bulan tanpa melihat aktifitas jual beli saham.

Semoga jawaban ini membantu.

(ang/ang)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar perencanaan keuangan, properti dan UKM.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com