Bos Brodo: Berhenti Berinovasi, Bisnis Kita Habis

Dana Aditiasari - detikFinance
Rabu, 26 Agu 2015 21:38 WIB
Jakarta -

Sukses menjadi pengusaha muda yang bisa mempekerjakan 138 orang karyawan, tak membuat Bos Brodo Footwear Yukka Harland besar kepala. Menurutnya, untuk menjaga bisnis tetap berjalan kuncinya adalah jangan berhenti belajar dan membuka diri pada hal-hal baru.

"Saya mulai bisnis ini dari nol sekali, dan saya belajar semua dari awal, sampai sekarang pun saya masih belajar. Kalau kita berhenti belajar, maka kita akan berhenti berinovasi, pada akhirnya bisnis kita pun akan berhenti, habis," ujarnya dalam acara d'Preneur di Menara Bank Mega, Jakarta, Rabu (26/8/2015).

Ia pun memberi saran, bahwa untuk belajar pengusaha muda bisa memanfaatkan berbagai media pembelajaran. Namun menurutnya yang paling efektif untuk belajar adalah dengan berbicara langsung dan bertukar pikiran dengan sesama pengusaha.

"Kita beruntung saat ini sumber pengetahuan kita banyak dari artikel. Tapi paling banyak ngobrol-ngobrol dari pelaku bisnisnya langsung," terang dia.

Yukka adalah pemuda 27 tahun yang sukses membangun bisnis sepatu dengan nama Brodo Footwear. Memiliki basis produksi di Cibaduyut, Bandung‎. Saat ini dirinya sudah bisa mempekerjakan 138 orang karyawan.

Dengan jumlah karyawan sebanyak itu dirinya bisa memproduksi‎ 5.000-6.000 pasang sepatu dalam sebulan. Ia bercita-cita menjadikannya sepatu bermerek Brodo bisa menjadi kebanggan sebagai produk asli Indonesia.

(dna/rrd)