d'Preneur

Dari Modal Rp 50 Juta, Luna Maya Raup Omzet Rp 300 Juta/Bulan dari Bisnis Fashion

Maikel Jefriando - detikFinance
Selasa, 25 Okt 2016 20:22 WIB
Foto: Angga Aliya ZRF
Jakarta - Siapa yang tak kenal Luna Maya? Aktris nasional ini kini disibukkan dengan bisnis di bidang fashion. Luna memulai usaha fashion dengan nama Luna Habit. Dengan modal awal sebesar Rp 50 juta, kini Luna mampu meraih omzet setiap bulannya bisa mencapai Rp 300 juta.

Luna menjelaskan, modal Rp 50 juta digunakan untuk biaya operasional dan memproduksi beberapa jenis desain pakaian.

"Awalnya nggak terlalu gede, sekitar Rp 50 juta. Tapi kemudian ada penambahan karena ada biaya kantor dan lain-lain," ujarnya dalam acara d'Preneur di Ice Palace Lotte Shopping Avenue, Ciputra World, Jakarta, Selasa (25/10/2016).

Saat memulai usaha, Luna mengakui ada beberapa kesalahan yang dilakukan. Misalnya dari sisi produksi, Luna langsung memproduksi sampai dengan 2000 pcs. Padahal, Luna Habit adalah brand baru yang belum dikenal masyarakat.

"Jadi waktu itu ada kesalahan terlalu agresif," terang Luna.

Dengan aktivitas promosi di media sosial yang cukup gencar, produk yang ditawarkan cukup laris di pasaran. Luna semakin agresif dan langsung memproduksi menjadi 8.000 pcs.

"Akhirnya banyak stok yang tersisa. Nah itu mikirin lagi gimana cara menjualnya. Itu memang kuliah lagi. Padahal enam bulan pertama itu sudah nggak inject lagi," ungkapnya.

Akhirnya Luna belajar dari kesalahan. Ia kemudian menata dengan lebih baik mulai dari sisi desain, produksi, pemasaran hingga penjualan serta catatan keuangan perusahaan. Omzetnya sekarang bisa mencapai Rp 300 juta per bulan.

"Omzet sekarang Rp 300 juta per bulan, baru segitu. Itu nggak seberapa kalau Rp 3 miliar baru tepuk tangan," kata Luna sembari bercanda. (mkl/drk)