d'Preneur

Pernah Rugi Puluhan Juta Rupiah Berbisnis Fashion, Luna Maya Mampu Bangkit Lagi

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Selasa, 25 Okt 2016 21:18 WIB
Foto: Iswahyudi
Jakarta - Luna Maya bersama merek Luna Habit mengaku tidak lepas dari keterpurukan. Karena ia sempat mengalami kerugian hingga puluhan juta banyaknya saat awal memulai usaha Luna Habit.

"Uang saya banyak habis. Minusnya sampai puluhan juta. Bahkan setiap bulan saya inject dengan tabungan saya," katanya dalam acara d'Preneur di Ice Palace Lotte Shopping Avenue, Ciputra World, Jakarta, Selasa (25/10/2016).

Untuk itu ia menyarankan, agar tidak mudah menyerah pada keadaan. Pasalnya, dengan semangat dan keyakinan yang dimilikinya, bahwa usaha yang ia lakukan bisa berhasil, akan selalu bisa membuahkan hasil. Hal ini terbukti dengan sampai pada akhirnya ada investor yang mau menginvestasikan dananya untuk bisnis Luna Habit.

"Saya sudah pernah sampai diludahin. Tapi saya ga mau dikalahin oleh itu. Saya mau maju. Kalau peruahaaan saya gagal saya mau gimana," ungkapnya.

"Sampai akhirnya saya diselamatkan oleh investor saya. Dibelilah saham saya 10%. Dia bilang, saya mau double. Akhirnya ada orang yang mau percaya sama saya, masa saya sia-siain. Jangan mau dikalahin sama keadaan," tambahnya.

Menurut dia, ketersediaan data yang akurat juga menjadi sumber kekuatannya dalam menentukan kebijakan dalam berbisnis. Pasalnya dengan data yang dimiliki, ia menjadi tahu karakter dari setiap pelanggan yang ia miliki.

"Customer Indonesia itu beda-beda behaviour-nya. Tapi by data, itu bisa kita kerjakan. Angka itu akurat," jelas dia.

Saran dari Luna, jangan mudah untuk menyerah pada keadaan dalam hal pekerjaan. Kesulitan senantiasa akan datang menghampiri, namun juga perlu semangat dan kejelian mencari sumber inspirasi yang akan selalu ada.

"Berangkat dari situ, cari solusi akarnya. Move forward dan jangan pernah berhenti berinovasi. Selalu perhatikan sekitar. Catch the moment, catch the trend," pungkasnya. (ang/ang)