Follow detikFinance
Sabtu, 29 Sep 2018 14:26 WIB

Anak Muda Kantongi Rp 60 Juta/Bulan Berkat 'Lukisan Kertas'

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Dok: LanaGift Foto: Dok: LanaGift
Jakarta - Banyak jalan menuju Roma, mungkin istilah itu berlaku juga bagi orang yang ingin sukses dengan menjalankan usaha. Seperti Rahmat Maulana yang memanfaatkan buku menjadi goresan gambar wajah yang tentunya sangat menarik.

Pria lulusan D3 Refraksi Optisi atau yang berwenang melakukan pemeriksaan mata dasar mulai menjalankan usaha yang unik ini baru pada 2017. Alasannya pun karena dirinya hanya mengetahui produk karya seni itu saat berselancar di internet.

"Lalu saya coba membuat karya seni ini hanya untuk koleksi pribadi saja. Saya coba upload di sosial media, ternyata banyak teman-teman yang suka dengan karya seni ini, dari sinilah awal mula saya melihat ini sebagai peluang bisnis," kata Rahmat kepada detikFinance, Jakarta, Sabtu (29/9/2018).


Saat banyak yang meminati hasil karyanya itu, Rahmat pun mematangkan hasil karyanya sebagai produk yang siap diperjualbelikan. Apalagi bidang usaha produk seni ini hampir tidak ada saingan di Indonesia.

"Karena bentuknya yang unik sehingga setiap orang yang melihat ini selalu tertarik untuk membeli, ditambah lagi dengan besarnya market atau pasar di dunia online," tambah dia.

Modal yang dikeluarkan saat merintis usaha yang diberi nama LanaGift ini sebesar Rp 1 juta untuk membeli bahan baku seperti kertas, dan alat lainnya.

Bikin 'Lukisan Kertas', Pemuda Ini Kantongi Rp 60 Juta per BulanFoto: Dok: LanaGift

Sebelum menjalankan usahanya, Rahmat mengisi kesibukannya dengan meneruskan usaha keluarga dengan menjaga toko optik. Sambil menjaga toko optik keluarganya, pria berusia 25 tahun ini gencar mempromosikan produk LanaGift di media sosial, seperti Instagram.

Harga jual produk LanaGift bervariasi, mulai dari Rp 100.000 untuk ukuran mini, Rp 195.000-295.000 sesuai tingkat kerumitan, dan Rp 325.000 untuk produk wajah cutting.

Bahan dasar pembuatan lukisan pun hanya berasa dari kertas HVS warna dan putih. Proses pengerjaannya pun terbilang cepat. Namun, untuk waktu pembelian dibutuhkan dua sampai empat hari hingga barang yang dipesan selesai dibuat.

"Waktu pre order dua sampai empat hari karena harus antre, kalau pengerjaannya sendiri cepat hanya butuh beberapa jam," ujar dia.

Berkat testimoni teman-teman yang membeli produk dan kerja kerasnya memasarkan di media sosial membuahkan hasil yang cukup memuaskan. Pasalnya, produk LanaGift kini sudah dikenal hampir seluruh wilayah di Indonesia, bahkan juga sudah di ekspor.

"Produk LanaGift sudah mengirim ke seluruh Indonesia, dan sudah mengirim ke luar negeri juga seperti Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Australia, Hong Kong," tegas dia.


Rahmat menyebut, produk yang paling laku adalah custom wajah, dibanding produk lainnya seperti custom huruf dan angka. Dari hasil kerja kerasnya tersebut kini Rahmat mampu mengantongi omzet setiap bulannya sekitar Rp 50-60 juta.

Tidak hanya itu, pria yang masih lajang ini juga telah mempekerjakan lima orang yang seluruhnya perempuan yang memiliki keterampilan.

"Omzet per bulannya yang saya dapat dari bisnis ini sekitar Rp 50-60 juta," ungkap dia.

Meski terbilang sudah sukses, Namun Rahmat mengaku pernah juga mengalami pasang surut dalam menjalankan bisnisnya. Dia menceritakan tidak bisa menangani seluruh pesanan dan harus merekrut karyawan namun sulit menemukan yang memiliki keahlian atau keterampilan dalam membuat lukisan buku.


Pada akhirnya, ia merekrut lima karyawan yang seluruhnya perempuan dan bertahan hingga saat ini. Dia pun berpesan bahwa dalam menjalankan usaha harus mengembangkan inovasi, kerja keras, dan terus mencoba.

"Yang membuat saya bertahan di bisnis ini karena produk yang saya jual sangat unik dan langka, sehingga hal ini lah yang membuat produk LanaGift menjadi hits di kalangan anak muda sekarang sebagai hadiah di momen spesial," kata dia.

Bagi yang ingin memesan caranya mudah, bisa langsung kunjungi akun Instagram @Lana.Gift bisa juga line @lanagift.

Bikin 'Lukisan Kertas', Pemuda Ini Kantongi Rp 60 Juta per BulanFoto: Dok: LanaGift
(hek/ara)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed