Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 01 Apr 2019 16:04 WIB

Ada Peluang Bisnis Cuci Mobil Cuma Pakai Segelas Air, Tertarik?

Gelsi Kalita Haffya - detikFinance
Foto: dok Auto Clean Waterless Foto: dok Auto Clean Waterless
Jakarta - Berawal dengan hobi mencuci dan merawat kendaraan Riva Hasan sebagai Founder dan Hendri sebagai Direct Operation akhirnya membuka usaha cuci mobil "Auto Clean Waterless". Yang unik dari bisnis usaha cuci mobil keduanya adalah hemat air dan hemat waktu.

Auto Clean Waterless bisa mencuci sebuah mobil hanya dengan 325 ml air yang sudah dicampur dengan zat khusus. Jumlah itu setara dengan segelas air. Demikian Hendri membagikan cerita soal keunggulan bisnis cuci motor dan mobil yang dilakoni dirinya bersama sang sahabat.

"Hanya memerlukan 325 ml cairan yang mengandung Carnauba Wax dan Karbon yang aman dibandingkan pencuci kendaraan lain yang menghabiskan kurang lebih 400 liter air dalam sekali mencuci kendaraan," kata Hendri saat berbincang dengan detikFinance, melalui sambungan telpon Senin (1/4/2019).


Selain hemat air, proses pencuciannya pun tergolong lebih singkat dibanding bisnis serupa yang saat ini sudah banyak bermunculan selama ini.

"Hemat waktu karena hanya membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit dalam mencuci satu kendaraan dengan kualitas yang lebih mengkilap," sambungnya.

Ia pun membagikan rahasia proses cuci kendaraan yang cepat dan hemat air tersebut. Setidaknya ada 3 proses yang dilakukan selama proses mencuci. Pertama Menyemprotkan Cairan Auto Clean Waterless yang mengandung Carnauba Wax yang digunakan untuk melunturkan dan mengangkat kotoran yang menempel pada kendaraan.

Kedua, Lap menggunakan MicroFiber Lembab untuk mengambil dan membersihkan kotoran.

"Proses Terakhir Lap menggunakan Microfiber kering untuk mengkilapkan. Biasanya kami menyebut ketiga proses tersebut dengan sebutan Spray, Wipe, Shine" Jelasnya.

Hendri menceritakan, usaha ini sudah dilakoninya sejak tahun 2016. Dalam melakoni bisnis cuci mobil ini, Ia dan sahabatnya, Rivan Hasan mempekerjakan 25 orang dengan modal awal kala itu sekitar Rp 30 juta.

Dari bisnis yang telah Riva Hasan dan Hendri geluti hingga hari ini, Mereka berhasil mengantongi omzet dan laba bersih hingga puluhan juta rupiah. Hanya dalam waktu 8 bulan, usaha Auto Clean Waterless sudah bisa balik modal.

"Saat ini omzet yang didapat dari usaha ini sebesar Rp 50 juta -Rp 80 juta/bulan. Kalau Laba bersihnya sekitar Rp 10 juta - 25 juta/bulan," beber Hendri.

Tak berhenti sampai di situ, Bisnisnya cuci mobilnya itu terus berkembang dan telah menjadi waralaba yang menjanjikan. Setidaknya sudah ada 72 Mitra diberbagai mal di Berbagai daerah dalam waktu 3 tahun contohnya di Palembang Indah Mall, Hartono Solo Mall, dan Transmart Yasmin semuanya gerai tersebut berada pada Basemant Mall.

Bisnisnya pun tak berhenti pada bisnis cuci mobil. Auto Clean Waterless juga menjual beberapa produk yang berhubungan dengan perawatan kendaraan serta paket service auto clean dimulai dari basic hingga white paint&diamond extra.


Ada dua cara bagi masyarakat yaitumendapat pelayanan cuci mobil ini. Pertama dengan langsung datang ke gerai yang tersedia atau bisa langsung melakukan pemesanan di web autocleanwaterless.com dan Instagram @bisniscucimobilwaterless.

"Terdapat juga additional seperti Dressing Interior, Coating Kaca Depan, Advance Interior, Plafon, Double Wax, Spray Sealant dan lain-lain," Jelasnya.

Tertarik juga bergabung sebagai mitra dalam bisnis ini, Auto Clean Waterless membuka kesempatan untuk para pebisnis dengan berbagai level paket kemitraan dari Kemitraan Express sampai Kemitraan Area Provinsi dengan modal awal Rp 34 juta - Rp 450 juta. (dna/dna)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed