Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 30 Mei 2019 17:58 WIB

Berkah Ramadhan, Perajin Oven Raup Untung Hingga Puluhan Juta

Sitti Harlina - detikFinance
Foto: Peluang Usaha Oven (Sitti Harlina/detikFinance) Foto: Peluang Usaha Oven (Sitti Harlina/detikFinance)
Kendari - Eka Hasnandar (45), seorang perajin oven pembakaran kue kering yang berdomisili di Jalan R. Suprapto, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) sangat bersyukur dengan datangnya bulan Ramadhan.

Pasalnya, di bulan yang penuh berkah ini, ia juga kebanjiran akan orderan oven pembakaran kue kering yang merupakan kerajinan tangannya sendiri. Dikatakannya, permintaan selama Ramadhan naik hingga 1000 persen jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

"Kalau bulan-bulan biasa, saya hanya bisa menjual satu sampai dua lusin, tapi bulan ini permintaan sudah mencapai 60 bahkan saya prediksi bisa mencapai 100 lusin karena semakin dekat lebaran, permintaan semakin meningkat," terangnya, Kamis (30/5/2019).


Banyaknya permintaan tersebut, membuat dirinya harus merekrut dua karyawan untuk membantu dirinya menyelesaikan orderan yang datang. Padahal di hari biasa ia hanya mengerjakan seorang diri tanpa karyawan.

Permintaan yang datang pun cukup beragam, tidak hanya perorangan melainkan beberapa toko juga memesan langsung dari dirinya bahkan ada pula permintaan dari luar Kota Kendari.

Berkah Ramadhan, Perajin Oven Raup Untung Hingga Puluhan JutaFoto: Peluang Usaha Oven (Sitti Harlina/detikFinance)


Ia mengaku jika usaha yang digelutinya saat ini merupakan hasil karya tangan sendiri yang dikerjakan secara manual. Pengetahuan tersebut didapatkan dari keluarga yang lebih dulu melakoni usaha tersebut secara turun-temurun.

"Buatnya sangat sederhana, hanya dari seng pelat, kemudian saya beri label lalu dicet, harganya juga murah hanya Rp 130 ribu," ujarnya.


Permintaan yang mencapai hingga 100 lusin tersebut membuat Eka mendapatkan keuntungan sampai puluhan juta. Tentu saja hal itu merupakan kesyukuran yang patut dirasakannya.

"Senang sekali, benar-benar berkah Ramadhan," katanya. (dna/dna)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed