Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 29 Sep 2019 11:08 WIB

Gurihnya Bisnis Makanan Sehat Beromzet Rp 300 Juta

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Dok. Healths Kitchen Foto: Dok. Health's Kitchen
Jakarta - Kunci keberhasilan sebuah usaha tidak melulu berasal dari modal yang besar, meskipun ada beberapa wirausaha sukses karena modal besar. Sebuah usaha bisa menghasilkan omzet besar juga karena niat dan kerja keras.

Seperti Natasha Naftali, wanita yang baru berusia 24 tahun ini berhasil karena niat dan kerja kerasnya dalam menjalankan usaha yang dirintisnya sejak 2016 lalu.

Usahanya berawal dari kesadaran dirinya yang ingin makan makanan sehat. Namun dirinya terkejut dengan rata-rata harga jual makanan sehat yang mencapai ratusan ribu rupiah.


Berbekal keahlian masak dan menjabat sebagai Co Owner Jago Masak, Natasha memutuskan memasak sendiri makanan sehat. Lantas terbesit di benaknya untuk menjadikannya cuan.

Natasha pun terbilang berhasil membuka usaha makanan sehat. Apalagi produknya jauh lebih terjangkau dibandingkan produk makanan sehat lainnya.

Produk makanan sehatnya dia beri nama Health's Kitchen. Tercetusnya Health's Kitchen, dikatakan Natasha karena kesehatan setiap umat manusia datang dari dapur.

"Karena sering masak tentunya kita udah hafal harga bahan di pasar dan supermarket, jadi batal deh niat beli makanan sehat," kata Natasha kepada detikcom, Jakarta (29/9/2019).

"Tiba-tiba kepikiran kenapa nggak buat makanan sehat murah, jadi bisa dijangkau banyak orang, bukan cuma kalangan tertentu aja. Toh harga bahan makanan nggak segitu mahal kok," tambahnya.

Gurihnya Bisnis Makanan Sehat Beromzet Rp 300 JutaFoto: Dok. Health's Kitchen

Selain mengkonsumsi sendiri, dengan Healthkichen dirinya ingin terlibat dalam menyehatkan banyak orang. Setidaknya tidak ada diskriminatif. Dia ingin seluruh kalangan juga bisa memakan makanan sehat.

Wanita muda ini menceritakan awal mula menjalankan usaha makanan sehat sangat menguras tenaga, waktu, dan mental. Sebab, segala sesuatu mengenai usahanya dijalankan sendiri.

Apalagi dalam memasarkan produknya, Natasha mengaku tidak memiliki cukup uang untuk menggunakan marketing yang handal. Awal mulanya dia mengerjakan usahanya hanya dengan dua karyawannya. Pada saat itu posisinya satu di dapur dan satunya lagi sebagai kurir.

Dia melanjutkan pelanggan hanya satu orang saja pada saat pertama kali buka. Kejadian itu tentu bertolak belakang dengan ekspektasi besarnya.

"Awal-awal mulai bisnis ini sangat menguras tenaga, waktu, dan mental. 24 jam sehari nggak cukup. Hampir semua dikerjakan sendiri. Modal kecil hasil tabungan bukan turunan," jelas wanita lulusan S1 Business School ini.

Dengan modal sekitar Rp 10-Rp 15 juta, wanita yang semenjak lulus kuliah langsung menjadi wirausaha ini kini sudah berhasil memiliki omzet yang besar, yaitu ratusan juta rupiah.

"Bersyukur banget bisa melayani dengan baik, sehingga bisa selaku sekarang. (Omzet) ratusan juta rupiah per bulan, (kira-kira) Rp 300 juta," ujarnya.

Health's Kitchen kini memiliki puluhan varian makanan sehat yang menjangkau via online ke Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bandung. Harga produknya Rp 35.000 per box. Dia menyadari usaha makanan sehati di Indonesia sangat banyak. Sehingga persaingan usahanya sangat sulit ditambah dengan minat masyarakat tanah air yang belum terbiasa.

Menurut dia, masyarakat Indonesia masih dalam tahap belajar hidup dan makan sehat yang baik dan benar. Jadi, selain menjual makanan juga harus gencar mensosialisasikan serta mengedukasi mengenai makanan sehat.

Lebih lanjut Natasha menceritakan, keberhasilan yang didapatkan sekarang berkat niat dan kerja kerasnya. Dia pun membagikan tips sukses versi dirinya, yaitu jangan membuat usaha hanya fokus kepada uang atau penghasilan namun tidak peduli dengan pelanggan


Harus berani kerepotan karena usaha yang dijalankan, lalu tidak pernah lelah mengedukasi serta mensosialisasikan produk. Apalagi makanan sehat di Indonesia masih kurang familiar.

"Kalau nggak mau repot, mending jangan," tegas dia.

Bagi kalian yang penasaran rasa lezatnya makanan sehat dari Health's Kitchen caranya gampang, tinggal memesannya website yang tercantum pada pemilik akun Instagram @healthskitchen.id .


Gurihnya Bisnis Makanan Sehat Beromzet Rp 300 Juta


Simak Video "Tinggalkan Cara Lama, Kini Ada UKM Online"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/das)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com