Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 14 Des 2019 11:17 WIB

Jual Batik ke Eropa dan AS, UMKM Ini Raih Omzet Rp 50 Juta/Bulan

Angga Laraspati - detikFinance
Foto: Meyke Cynthia Dewi/detikcom Foto: Meyke Cynthia Dewi/detikcom
Banyuwangi - UMKM menjadi penggerak roda ekonomi masyarakat. Untuk itu pemerintah dan swasta pun berusaha mendongkrak pertumbuhan UMKM di Indonesia agar bisa berdaya saing. Dengan adanya dukungan, UMKM pun bisa sukses dan menghasilkan omzet yang besar.

Salah satunya adalah UMKM hasil binaan dari Bank BRI yaitu UMKM Karang Segora Batik asal Banyuwangi. UMKM ini dikatakan sudah mendistribusikan produknya hingga Eropa dan Amerika Serikat (AS).

"Selain distribusi secara nasional, Kami juga telah berhasil memproduksi ke Spanyol, Amerika, Malaysia, dan juga Prancis," ujar pemilik Karang Segora Batik, Siti Romlah, kepada detikcom, ditemui di acara Pesta Rakyat Simpedes (PRS) Bank BRI di Banyuwangi, Sabtu (14/12/2019).


Siti Romlah pun membeberkan omzet bulanan dari UMKM yang menjadi Mitra Binaan BRI sejak sekitar tahun 2014-2015 ini.

"Kami sudah memiliki omzet bulanan sekitar Rp 35-50 juta per bulannya, dan memang ini kebanyakan dari hasil produksi kami yaitu batik gajah oling yang menjadi sesuatu yang paling dicari kalau ke Banyuwangi," tuturnya.

Usaha yang ia geluti ini berawal dari hobi Siti Romlah dalam mendesain sebuah pakaian. Berbagai hasil produksi pun ditawarkan dari UMKM batik milik Siti Romlah ini, mulai dari batik gajah oling, batik tulis, batik semi tulis, dan batik dengan motif lainnya.

Jual Batik hingga Eropa dan AS, UMKM Ini Raih Omzet Rp 50 Juta/BulanFoto: Meyke Cynthia Dewi/detikcom

Ia berharap UMKM-nya bisa tetap didukung oleh Bank BRI dalam segi perkembangan hingga pembinaan lewat berbagai aktivitas dan kegiatan.

"Setelah kami mendapatkan bantuan KUR dari Bank BRI, kami berharap berbagai bantuan dari Bank BRI juga terus diberikan kepada UMKM seperti pembinaan dan juga pemberdayaan," harapnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Bank BRI Cabang Banyuwangi, Muhammad Riamid Busroh mengatakan, selama ini BRI telah memberikan berbagai bantuan kepada UMKM di Banyuwangi.


"Kami memberikan KUR yang hampir mencapai Rp 40 miliar, dan untuk kreditnya sendiri di bidang mikro yaitu Rp 1,4 triliun. Ini membuktikan bahwa Bank BRI sangat membantu perekonomian Kabupaten Banyuwangi," tuturnya.

Bank BRI hari ini mengadakan acara Pesta Rakyat Simpedes sebagai rangkaian di 100 kota seluruh Indonesia. Ini merupakan acara yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun Bank BRI ke-124.

Rangkaian acara Pesta Rakyat Simpedes di beberapa kota dan kabupaten ini bertujuan untuk menyampaikan informasi keunggulan produk dan jasa Bank BRI sekaligus perusahaan anak BRI. Secara khusus, Bank BRI juga ingin mempromosikan secara luas Tabungan BRI Simpedes kepada seluruh masyarakat termasuk generasi milenial.



Jual Batik ke Eropa dan AS, UMKM Ini Raih Omzet Rp 50 Juta/Bulan
(prf/hns)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com