Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 31 Des 2019 05:30 WIB

Dapat Cuan dari Bisnis Kurir ASI

Danang Sugianto - detikFinance
Ilustrasi/Foto: iStock Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta - Berawal dari musibah yang menimpa anaknya saat bayi, Prandityo Hangrengo kini memiliki bisnis Antar ASI Daily Care (AADC). Meski belum begitu besar, setidaknya dia berhasil mengubah masalah menjadi peluang bisnis.

AADC resmi dijalankannya 2 Maret 2017. Ide ini muncul dari permasalahan yang menimpa anaknya yang baru lahir.

"Berangkat dari permasalahan anak yang didiagnosa dokter ada gangguan pada tongue tie dan lip tie, hingga tidak bisa menyusu secara direct ke bundanya," kata pria yang akrab disapa Tyo kepada detikcom, Senin (30/12/2019).

Dengan permasalahan itu, Tyo dan istrinya harus mencari pendonor ASI untuk anaknya. Saat itu dirinya mengalami kesulitan untuk mendapatkan layanan antar ASI karena kesibukannya.


Tyo kala itu berpikir bahwa ada peluang usaha dari masalah yang menimpanya. Kebetulan juga saat itu Tyo sedang menganggur.

"Pada awalnya saya berpikir keras, sambil gendong anak, bagaimana ini caranya saya bisa memulai usaha tersebut yang notabene anak tidak ada yang jaga. Karena kami sudah pisah dari orang tua," terangnya.

Tekad Tyo akhirnya bulat. Dia meminta izin mertuanya untuk menitipkan anaknya. Setiap hari dia mengantarkan anaknya ke rumah mertuanya yang berjarak 7 kilometer (km) dari rumahnya.

Setelah mengantarkan anaknya, kemudian dia menerima pesanan untuk jemput dan antar ASI. Setelah selesai, dia menjemput kembali sang anak.

"Awalnya mendapatkan customer teman dari adik saya. Di situ saya mulai mendapatkan feedback yang puas dari customer pertama itu, hujan-hujan sampai malem terus terobos, agar ASI cepat sampai ke rumah customer," ucapnya.

Rutinitas itu dia jalani terus selama 6 bulan. Tyo menawarkan jasanya melalui Instagram. Pelanggannya pun semakin banyak, tidak lagi hanya dari lingkungan kerabat saja.
Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com