Sempat Diejek, Wanita Ini Kantongi Puluhan Juta dari Jual Sandal

Hendra Kusuma - detikFinance
Sabtu, 29 Feb 2020 12:30 WIB
Sempat Diejek, Wanita Ini Dapat Jutaan Rupiah dari Sandal
Foto: Dok. Frogosandal
Jakarta -

Jalan untuk mencapai kesuksesan banyak caranya, salah satunya adalah mewujudkan keinginan orang tua yang ingin menjadi seorang wirausaha. Butuh kesabaran dan ketelitian bagi Fika untuk mencapai kesuksesan seperti sekarang ini.

Fika memutuskan menjadi produsen sandal custom sejak 2011. Awalnya dirinya hanya menjadi seorang ibu rumah tangga dengan mengandalkan penghasilan suami yang terbilang masih rendah sebagai sales kendaraan bermotor roda dua.

Sebelum memutuskan berusaha, Fika mengaku seluruh mesin produksi sandalnya merupakan warisan dari orang tuanya. Pada saat itu, mesin-mesin tersebut tidak terpakai lantaran orang tuanya tertipu.

"Ditipu puluhan juta pembelian alat dan bahan bakunya, setelah barang datang, usaha tidak berjalan dan peralatan menganggur cukup lama," kata Fika kepada detikcom, Jumat (28/2/2020).

Sebelum dikelola Fika, mesin produksi sandal itu dimanfaatkan oleh saudaranya namun tetap tidak berjalan sesuai harapan dan pada akhirnya berhenti di tengah jalan. Pada tahun 2011, baru Fika dan suami memutuskan meneruskan usaha tersebut.

Dia memproduksi beragam sandal dengan modal awal Rp 600.000 untuk membeli bahan baku. Meski modal pas-pasan dia berhasil memproduksi sandal dengan banyak model.

Sempat Diejek, Wanita Ini Dapat Jutaan Rupiah dari SandalFoto: Dok. Frogosandal

Setelah berhasil memproduksi, Fika menjualnya dari pintu ke pintu. Dia menceritakan pengalaman awal menjual produk bermerek Frogosandal menuai banyak ejekan dari orang sekitarnya.

"Diejek dan dicaci maki sandal buatan kami tidak laku dan tidak punya nilai jual kemudian diusir dari toko sandal sepatu di Magelang," ujarnya.

"Namun kami yakin niat baik rejeki juga pasti akan datang apalagi niatnya untuk keluarga. Pertama kali jualan omzetnya bagus Rp 45.000-120.000 omzet per hari tahun 2011 akhir," tambahnya.

Berbekal keyakinan tersebut, wanita yang memiliki lima anak ini semakin giat memproduksi dan memasarkan Frogosandal. Setelah sembilan tahun berusaha, banyak model sandal yang diproduksinya, di antaranya sandal karakter, sandal hotel, hingga yang modern adalah model wedges. Semua produknya berbahan baku dari spons yang dicampur dari daur ulang kain batik, kain songket, tali kur, ban motor, dan ban mobil bekas.

Produk sandalnya dijual mulai dari Rp 8.000 sampai Rp 35.000. Penjualan produknya saat ini hanya melalui Instagram dan sudah banyak reseller produk Frogosandal. Kini dia berhasil mengantongi omzet sekitar Rp 10 juta per bulan.

"Lumayan, cukup untuk keluarga 5 anak, naik turun rata-rata Rp 10 juta per bulan," kata dia.

Wanita lulusan SMA ini mengungkapkan bagi masyarakat yang ingin beralih profesi menjadi wirausaha dari sebelumnya pekerja kantoran atau apapun kuncinya jangan terlalu memikirkan ucapan yang keluar dari orang lain, apalagi ejekan.

"Tetap kreatif, manfaatkan teknologi baru , jadilah entrepreneur yang cepat bosan, dengan begitu kami bisa lebih cepat menelurkan produk model baru, lalu manfaatkan moment dan selalu ikuti perkembangan trend," ungkapnya.

"Yang terakhir fokus kualitas dan edukasi ke masyarakat untuk membeli produk handmade berkualitas, karena masyarakat masih terpaku harga murah produk dari luar dengan model dan material yang jauh lebih bagus dan sulit didapatkan di Indonesia," tambah wanita berusia 32 tahun ini.

Sempat Diejek, Wanita Ini Kantongi Puluhan Juta dari Jual Sandal


Simak Video "Mulai Bisnis Bermodal 1 Gadget"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/ara)