Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 01 Mar 2020 10:16 WIB

Siapa Sangka Bisa Kantongi Rp 10 Juta/Bulan dari Tas Lukis?

vad - detikFinance
Tas Lukis Foto: Istimewa/Little Red Lady
Jakarta -

Bukan hal mustahil menjadikan hobi sebagai profesi yang menguntungkan. Faktanya, wanita muda asal Yogyakarta yang bernama Ardista Khairina (28) sukses meraup cuan dari hobinya menggambar dan dituangkannya di media tas berbahan kanvas.

Dengan usahanya yang diberi nama Little Red Lady, wanita yang akrab disapa Adis itu merancang totebag dengan gambar kartun yang menggemaskan. Adis yang memiliki gelar Master di marketing justru memilih fokus di usahanya ini.

Awalnya, Adis memulai usaha ini sebagai pekerjaan sampingan, sambil menjalani pendidikan S-2 di Universitas Gajah Mada (UGM), tepatnya pada tahun 2015.

"Dulu awalnya itu sekitar tahun 2015. Awalnya bikin tas juga, terus pindah ke boneka, sama bantal karikatur. Itu mulai ramainya di boneka. Karena dulu kan belum punya orang buat produksi, jadi nggak lanjut buat tas, ke bantal sama boneka. Dulu awal-awal jahit sendiri, buat sendiri, semua sendiri. Tapi cuma buat sampingan saja," kata Adis ketika dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Sabtu (29/2/2020).

Siapa Sangka Bisa Kantongi Rp 10 Juta/Bulan dari Tas LukisFoto: Istimewa/Little Red Lady


Pada tahun 2018, Adis menghentikan usahanya dan memilih bekerja di Bali. Selang 2 tahun, Adis ke berhenti dari pekerjaannya dan kembali ke Yogyakarta.

"Lalu saya pulang lagi ke Yogyakarta. Ya sudah saya coba lanjutin lagi saja Little Red Lady. Followersnya juga masih banyak. Customer lama itu banyak menanyakan saya kapan buka lagi. Akhirnya saya memutuskan untuk buka lagi. Tapi ganti sekarang, jadi boneka karikatur dan bantal masih ada, tapi sekarang fokusnya lebih ke tas. Jadi kembali ke paling awal bikin tas lagi," terang Adis.

Ia baru memulai usahanya kembali itu di awal tahun 2020 ini. Satu bulan berjalan, lapaknya laris manis. Ia yang awalnya berencana memproduksi 500 tas, bertambah lagi 200 tas. Belum lagi pesanan offline, dalam satu bulan ini totalnya sekitar 1.000 tas yang ia produksi. Ia pun berhasil mengantongi omzet Rp 10 juta dalam satu bulan.

"Ini kan masih baru banget, satu bulan ini sekitar Rp 10 juta sudah masuk," ungkapnya.

Padahal, ia menjajakan tasnya dengan harga rata-rata di bawah Rp 50.000. Bahkan, di produksi mendatang ia akan menjual tas dengan harga sekitar Rp 10.000-20.000.

"Kalau yang saya jual sekarang di Shopee Rp 10.000-20.000-an itu kan harga obral karena sisa pabrik. Itu harga aslinya hampir dua kalinya sebenarnya. Nanti untuk yang baru memang harga segitu, jadi memang murah-murah (kisaran Rp 10.000-20.000). Tapi dengan tidak diturunkan kualitas, tapi mungkin kalau yang ini kan pakai resleting. Nanti yang lainnya diganti pakai kancing," jelas Adis.

Siapa Sangka Bisa Kantongi Rp 10 Juta/Bulan dari Tas LukisFoto: Istimewa/Little Red Lady


Ia yang memasarkan produknya di akun Instagram @thelittleredlady dan Shopee @littleredlady, berencana untuk memproduksi hingga 1.500 tas di bulan Maret ini. Ke depannya, ia berharap bisa memproduksi 500-600 tas per minggu.

"Pokoknya 6 bulan pertama target saya kapasitas produksinya 500-600 buah per minggu," tutur dia.

Adis optimistis dengan bisnis yang fokus dijalankannya ini. Menurutnya, produk Little Red Lady punya perbedaan dengan menyediakan gambar yang tak pasaran. Ia juga memilih bahan dan komponen tas dengan kualitas terbaik.

"Jadi untuk masuk ke market itu harus bisa menjawab pertanyaan kenapa sih orang beli? Maka dari itu ini desain saya semua, gambar saya usahakan sekali tidak pasaran. Jadi ada daya tarik, kenapa beli tas di Little Red Lady dibandingkan yang lain. Dan untuk segi kualitas pun saya pakai resleting yang bagus, furing pun saya kasih, jadi semua standarnya sama," ucapnya.

Siapa Sangka Bisa Kantongi Rp 10 Juta/Bulan dari Tas Lukis?


Simak Video "Hai Pelaku Usaha, Ini Program Jokowi di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com