Ada Cuan Jutaan Rupiah di Balik Bisnis Tanaman Saat WFH

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 24 Apr 2020 06:28 WIB
tanaman bayam deteksi bom
Ilustrasi Foto: Foto: Getty Images
Jakarta -

Pandemi virus Corona (COVID-19) tidak melulu membuat kehilangan pendapatan. Jika mau, banyaknya waktu luang di rumah bisa diambil untuk mulai membuka usaha.

Itulah yang dilakukan oleh Dian bersama sang suami, warga Bojongsari, Depok. Dikarenakan kedua kantor tempatnya menerapkan kerja dari rumah (Work From Home/WFH), keduanya memberanikan diri memulai bisnis tanaman untuk tambahan penghasilan.

Keduanya memang hobi mengoleksi tanaman hias di rumah sejak 2019, hingga lama-kelamaan tanaman tersebut dirasa sudah terlalu banyak memenuhi rumahnya. Dari situ muncul idenya untuk manfaatkan halaman belakang rumah sebagai fokusnya untuk mengembangbiakkan tanaman.

"Lahan kosong belakang rumah yang idle, kami gunakan sebagai 'bengkel' kami bongkar pasang pot dan memisahkan anak-anak tanaman ke pot-pot baru," katanya kepada detikcom, Kamis (23/4/2020).

Bisnisnya dimulai sejak Februari 2020, namun saat itu baru secara offline yang pasarnya hanya kepada tetangga. Setelah dirasa tetangganya tak banyak yang hobi tanaman, akhirnya ia memutuskan untuk membuka toko di Instagram dengan akun @royo.shop.

"Suami saya yang memotret, memilih tanaman terbaik untuk dijual. Sementara saya lebih fokus merawat tanaman. Setelah 22 post, kami akhirnya mendapat pembeli, mulanya teman-teman dekat saya. Namun kini sudah banyak orang dari berbagai daerah yang beli," sebutnya.

Tanaman yang ia jual beragam mulai dari Rp 40.000 - Rp 370.000, sesuai jenis tanaman. Walaupun baru menginjak dua bulan, bisnisnya terus maju hingga menghasilkan jutaan rupiah.


"Beberapa tanaman memang sudah dijualin ke teman-teman tapi waktu itu online shop-nya belum buka jadi belum readministrasi dengan baik, yang beli nggak dicatat. Kalau dari awal jualan (Februari) bisa Rp 1 jutaan (penghasilan). Modal kira-kira Rp 6 juta sejak awal ngoleksi tanaman 2019," ucapnya.

Bahkan kini, Dian akan menambah lahan untuk bisnis tanamannya. Dirinya akan bekerja sama dengan seorang petani dekat rumahnya untuk mengelola bisnis tanaman hias yang lebih besar.

Selanjutnya
Halaman
1 2