Berkah di Balik Wabah, Pria Bandung Raup Rp 1 M Jual Masker Karakter

Yudha Maulana - detikFinance
Kamis, 11 Jun 2020 12:56 WIB
masker karakter
Foto: Yudha Maulana/detikcom
Bandung -

Pandemi COVID-19 membuka peluang bisnis bagi Cecep Famias (41), pria asal Bandung yang berkecimpung di dunia percetakan digital dan suvenir itu banting setir menjadi pengrajin masker scuba karakter, dengan omzet mencapai miliaran rupiah.

"Awalnya saya mendapatkan pesanan dari kakak saya di Jakarta, untuk membuat terobosan dengan membuat scuba bergambar yang unik, agar lebih menarik. Setelah kita mengobrol, kita coba aplikasikan, kemudian dicoba dan sekarang booming," ujar Cecep saat ditemui di tempat usahanya di Pagarsih, Kota Bandung, Kamis (11/6/2020).

Cecep mengaku telah membuat ratusan desain, mulai dari gambar potongan wajah tokoh terkenal seperti Ridwan Kamil, Anies Baswedan, Tito Karnavian, Robert Downey Jr dan karakter lainnya.

Dari semula hanya memasok kebutuhan distributor di Jakarta, kini Cecep bisa mengembangkan saluran penjualannya di sekitar Pagarasih. Ia pun menerima jika ada instansi atau perorangan yang ingin memesan masker dengan desain sendiri.

Untuk satu lusin masker scuba bergambar karakter, ia membanderol dengan harga Rp 60.000. Pantauan detikcom, untuk terlihat sejumlah pekerja berjibaku membuat desain masker.

masker karaktermasker karakter Foto: Yudha Maulana/detikcom


Desain yang telah dibuat kemudian dicetak sublim, sebelum akhirnya dipress untuk diaplikasikan ke kain. Setelah rampung, kain yang telah bergambar itu kemudian dipotong dengan menggunakan mesin laser.

"Ini baru jalan satu setengah bulan, alhamdulillah awalnya saya makloon dari pengrajin lain, sekarang bisa membeli mesin laser cutting sendiri. Dari Maret sampai April sekarang, omzet mencapai Rp 1,1 miliar," katanya.

Sebelumnya saat COVID-19 mewabah, bisnis percetakan dan suvenirnya mengalami hambatan. Pasalnya, jarang ada pembeli yang memesan produk untuk event seperti pernikahan dan yang lainnya.

"Percetakan sepi, makanya banting setir juga," pungkas Cecep.

masker karaktermasker karakter Foto: Yudha Maulana/detikcom



Simak Video "Tips Bikin Konektor Masker Tanpa Mesin Jahit"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)