Pengusaha Katering Mau Jual Frozen Food? Ini 5 Tipsnya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 17 Jul 2020 13:48 WIB
Mitos tentang frozen food
Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta -

Di kala bisnis katering lesu, banyak pengusaha yang banting setir memproduksi makanan beku alias frozen food. Hal itu dikatakan oleh Dewan Penasehat Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) Diana Dewi.

"Banyak teman-teman berupaya diversifikasi produk, banyak yang mulai main ke frozen food. Karena kan dia omzet berkurang dia juga kan harus berpikir menyelamatkan bisnis dan tenaga kerjanya juga. Nah makanya banyak yang produksi frozen food," ungkap Diana kepada detikcom, Jumat (17/7/2020).

Kepada detikcom, Diana juga sempat membagikan beberapa tips bagi yang ingin terjun ke usaha frozen food. Berikut tipsnya:

1. Belajar Pengolahan Frozen Food

Diana mengatakan bagi yang mau memproduksi makanan beku, yang pertama harus dilakukan adalah belajar bagaimana cara membuat makanan beku terlebih dahulu. Pasalnya, untuk membuat frozen food ada komposisi bahan-bahan tertentu yang harus dimasukkan agar awet.

"Jadi harus tahu skill-nya dulu, karena kan menjadikan frozen food biasanya ada ingredient khusus, supaya makanan bisa tahan lama. Penggunaannya harus sesuai dengan kesehatan masyarakat agar tidak jadi racun," kata Diana.

"Jadi menyangkut kandungan makanan itu sendiri harus tahu, sehingga makan itu sehat serta aman untuk dikonsumsi dan tahan lama. Modal paling dasar itu," ujarnya.

2. Jual Makanan Lauk-pauk

Di tengah pandemi seperti ini, banyak masyarakat yang mau praktis untuk memasak. Banyak juga yang khawatir ke luar untuk belanja bahan makanan, maka dari itu menurut Diana makanan beku yang bentuknya lauk-pauk kemungkinan akan laku keras saat ini. Selain itu kalau bisa makanan yang dijual mengandung banyak vitamin dan protein.

"Tentunya kebutuhan yang sekarang itu lebih kepada siap saji tapi mengandung banyak vitamin dan protein. Lauk-pauk itu lebih tinggi demand-nya karena kan mereka khawatir dengan adanya lockdown untuk belanja di luar," kata Diana.

"Daripada bentuknya cemilan saja, lebih baik lauk pauk," ungkapnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video " Ingat! Jangan Asal Konsumsi Frozen Food"
[Gambas:Video 20detik]