Modal Tipis, Wanita Ini 'Sulap' Pare Jadi Keripik hingga Sambal

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 24 Okt 2020 09:15 WIB
Pare Disulap Jadi Sambal hingga Keripik
Foto: Dok. @kedainyotnyot

Mia mengatakan saat awal menjalankan usaha pare ini, banyak orang yang memberikan tanggapan aneh karena bahan baku utamanya.

"Banyak yang aneh, kok pare dibuat keripik. Apa nggak pahit? banyak yang komentar dan tidak mau coba karena takut pahit. Nah dengan ini saya mengedukasi dan menjelaskan tentang si pare ini," jelas dia.

Pare Disulap Jadi Sambal hingga KeripikFoto: Dok. @kedainyotnyot

Selain itu, ada lagi tantangan yang harus dihadapi Mia seperti peralatan yang kurang menunjang. Ketika pesanan banyak tetapi kompor yang ia miliki kurang memadai, sehingga hasil produksi setengah gagal.

Jika sudah begini, produk tidak akan dijual oleh Mia. Selain itu ruang produksi yang sempit dan kekurangan sumber daya manusia (SDM) juga sempat menjadi tantangan. Namun kini Mia sudah berhasil menangani itu semua.

"Nah ada lagi masalah sekarang adalah pesanan turun," jelas dia.

Mia menamakan tempat usahanya Kedai Nyot-Nyot yang terinspirasi dari anaknya yang masih berusia 2 tahun. Saat dia di Timur Tengah ketika musim dingin ada pedagang minuman dan anaknya selalu menyebut nyot-nyot sembari tangannya diletakkan di kuping.

Ini adalah hal lucu untuk Mia. Akhirnya terbesit jika hal tersebut akan dijadikan nama usahanya dengan logo seperti kepala bulat dan di samping seperti ada kuping. Padahal waktu itu Mia mengaku belum memiliki ide usaha yang akan ditekuni.

Jika ingin mencoba produk keripik sampai sambal pare produksi kedai Nyot-Nyot bisa ditemukan di Tokopedia: kedainyot2depok. Facebook: Mia Pare Kriuuk dan Instagram: @kedainyotnyot.


(kil/ara)