Sandiaga Ungkap Produk yang Laris Manis di Tengah Pandemi, Apa Itu?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 23 Okt 2020 16:47 WIB
Tim blak-blakan detikcom berkesempatan melakukan wawancara dengan Cawapres nomor urut 2 Sandiaga Salahudin Uno, Jakarta, Kamis (30/5/2019). Grandyos Zafna/detikcom
Sandiaga Uno/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bisa memanfaatkan momentum pandemi virus Corona. Pengusaha Sandiaga Uno mengungkapkan ada sejumlah peluang yang bisa ditangkap dan dimanfaatkan oleh pelaku UMKM.

Dia menyebutkan pelaku juga bisa melihat apa saja yang saat ini dibutuhkan oleh masyarakat. Kemudian memanfaatkan digitalisasi untuk mempermudah promosi penjualan.

"Kalau pilih sektor usaha itu harus nempel terus ke konsumen, harus tahu apa kebutuhan dasar mereka. Sekarang, kondisi seperti ini sedang ada perubahan pola kebutuhan pembelian," kata dia dalam acara dalam Festival Ide Bisnis detikcom yang disponsori PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), Jumat (23/10/2020).

Dia mencontohkan dalam kondisi pandemi, masyarakat lebih sering cuci tangan. Oleh karena itu UMKM juga bisa menangkap peluang dari sisi kesehatan misalnya menjual sabun cuci tangan yang murah meriah.

"Jangan beli di toko lalu dicampur air, fungsinya hilang. Tapi cari UMKM yang bisa produksi sendiri," jelas dia.

Sandi mengungkapkan selain itu proses produksi juga harus diperhatikan misalnya membuka pre order dalam setiap penjualan. Hal ini untuk meminimalisir risiko produk tidak laku terjual.

Menurut dia meskipun tertekan pandemi, UMKM juga harus memiliki adaptasi tinggi dan inovasi untuk membantu pertumbuhan ekonomi tahun depan. "UMKM itu bisa tetap jadi pencipta lapangan kerja, semangat guys, semangat terus," imbuh dia.

(kil/ara)