Modal Minim, Wanita Ini Bisnis Yoghurt Beromzet Puluhan Juta

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 01 Des 2020 06:45 WIB
Jualan Yoghurt Malah Makin Cuan saat Pandemi, Mau Coba?
Foto: Dok. @yoghurtbunatha
Jakarta -

Tak sedikit bisnis yang tumbang imbas merebaknya virus Corona. Memang sebagian sektor usaha tak mampu bertahan di tengah pandemi COVID-19 ini. Tapi hal itu tidak berlaku buat bisnis yang satu ini, yaitu yoghurt.

Produk minuman yang menyehatkan ini justru makin melejit saat pandemi COVID-19, seiring meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan. Itu telah dibuktikan oleh Dwi, pemilik Bunatha Yoghurt.

Dirinya mulai fokus menggeluti usaha produksi yoghurt sejak dua tahun lalu. Sebelumnya sempat menjajal bisnis lain, kini dia memilih untuk berkonsentrasi penuh pada produk olahan susu fermentasi itu.

"Modal awalnya sih Rp 1.500.000 karena untuk membeli alat-alat saja ya, alat-alat panci. Setelah itu sempat habis juga kan modalnya, ditambah-tambah tapi yang awalnya sih Rp 1.500.000," kata dia saat berbincang dengan detikcom baru-baru ini.

Produk yoghurt rumahan dia buat terdiri dari 5 varian rasa buah-buahan, yakni mangga, strawberry, kiwi, nanas dan sirsak. Menyadari banyaknya usaha serupa, dirinya punya strategi tersendiri untuk berkompetisi dengan kompetitor yang juga memproduksi yoghurt, yang terpenting adalah unggul dari segi kualitas.

"Kalau saya sih memang dari saya sendiri saya agak sedikit idealis. Saya nggak mau menggunakan bahan-bahan yang berbahaya, karena memang di luar kan sudah banyak minuman atau makanan yang menggunakan pewarna, perasa seperti itu ya. Saya memang ingin produk saya ini benar-benar rasa memang dari buah, warnanya memang asli dari buahnya," paparnya.

Produk yang dia hasilkan bersama seorang karyawan dan suaminya itu mayoritas dijual kepada reseller alias pengecer, jadi bukan dijual langsung ke konsumen.

"Kalau saya kebanyakan ke reseller saya kasih harga Rp10.000, reseller menjual lagi Rp 15.000 (per pcs)," sebutnya.

Jualan Yoghurt Malah Makin Cuan saat Pandemi, Mau Coba?Jualan Yoghurt Malah Makin Cuan saat Pandemi, Mau Coba? Foto: Dok. @yoghurtbunatha

Sebelum pandemi, dia mengaku hanya mampu meraup omzet sekitar Rp 10-15 juta. Namun setelah virus Corona semakin merebak, omzetnya naik menjadi Rp 50 juta per bulan. Dirinya rata-rata memproduksi 5 ribu botol yoghurt.

"Insyaallah karena memang mungkin yoghurt ini kan minuman probiotik, jadi salah satu minuman yang bisa meningkatkan imunitas tubuh, mungkin dari situ mereka banyak yang mencari produk yoghurt," tambahnya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut dapat membuka Instagramnya di @yoghurtbunatha.

(toy/ara)