Saatnya Jadi Bos

Top! Resign dari PNS Pajak, Rina Buka Toko Kue Beromzet Puluhan Juta

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 09 Mar 2021 16:37 WIB
Resign dari PNS Pajak, Rina  Buka Toko Kue Beromzet Rp 30 Juta
Foto: Dok. Pribadi
Jakarta -

Selama 15 tahun atau periode 1999-2014 Rina Febriana Sitepu (44) menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Pajak sebagai Auditor Pajak. Namun sekarang dia sukses menjadi pengusaha kuliner dan mendirikan usaha bernama DiFa Cakes.

Iya, Rina mantap mengundurkan diri dan keluar dari zona nyaman PNS yang disebut-sebut sebagai pekerjaan impian banyak orang. Pengunduran dirinya bukan tanpa alasan. Kepada detikcom Rina menceritakan keinginannya untuk resign muncul sejak anak pertamanya lahir.

"Begitu cuti bersalin habis dan harus masuk kembali ke kantor, saya merasa nggak tega ninggalin anak yang saat itu masih bayi usia 2 bulan. Tapi belum berani resign karena sadar kebutuhan banyak dan nggak mau membebani suami untuk cari nafkah sendiri," kata dia kepada detikcom (9/3/2021).

Sejak saat itu Rina mulai mencari peluang usaha lain dan beberapa kali mencoba. Mulai dari bisnis pakaian, makanan, kopi, dan memulai usaha kue dan menjadi beauty consultant Oriflame.

Dia menyampaikan banyak orang yang menyayangkan keputusan yang dia ambil untuk resign dari PNS Ditjen Pajak. Tak sedikit yang menganggap Rina aneh. "Kata mereka kerjaan sudah mapan, penghasilan bagus mau cari apalagi," ujar Rina. Namun keinginan untuk memiliki waktu lebih banyak bersama anak membuat Rina kuat. Selain itu Rina juga ingin memiliki kebebasan waktu yakni mengatur waktu bekerja dan istirahat.

Resign dari PNS Pajak, Rina  Buka Toko Kue Beromzet Rp 30 JutaResign dari PNS Pajak, Rina Buka Toko Kue Beromzet Rp 30 Juta Foto: Dok. Pribadi

DiFa Cakes awalnya bermula dari Rina yang hobi baking. Setiap hari dia selalu mempelajari trial and error kue-kuenya. Karena keseringan membuat kue dan tak habis dikonsumsi sendiri dan orang rumah, dia sering membawanya ke kantor. Respons positif didapatkan dari teman-teman kantor Rina, dia semakin semangat mencoba resep-resep kue yang ada dan hasilnya seluruh teman kantornya sangat menyukai kue-kue buatan Rina.

"Sampai suatu hari ada teman kantor yang pesan kue ulang tahun. Wah surprise dong, senang banget. Awalnya ragu terima pesanan itu, tapi bismillah saya kerjakan juga hasilnya memuaskan, alhamdulillah," kenang dia.

Setelah itu mulai banyak pesanan kue-kue dalam kotak untuk beberapa acara di kantor. Dia juga sempat ragu tak bisa memenuhi pesanan tersebut, tapi akhirnya dengan yakin dia kerjakan dan hasilnya memuaskan.

Rina menceritakan DiFa Cakes merupakan gabungan nama depan anak-anaknya yaitu Dhiya' dan Fakhri. "Sejak mendirikan DiFa Cakes ini, pengin usaha ini bisa jadi sumber penghasilan dengan bekerja di rumah saja, supaya bisa punya banyak waktu untuk mendampingi Dhiya' dan Fakhri," ujarnya.

Ada perbedaan yang paling terasa saat dia bekerja kantoran dan di rumah. Mulai dari punya banyak waktu untuk anak-anak dan keluarga besar serta bisa mengatur waktu kapan bekerja dan istirahat.

Selain itu juga jadi lebih perhatian ke kesehatan sendiri dan keluarga. Kemudian Rina juga sekarang rutin berolahraga dan menjaga pola tidur yang baik dan beribadah juga lebih tenang.

"Dan saya juga lebih bebas berinovasi dan berkarya sesuai passion saya, dari sisi penghasilan pun alhamdulillah jauh lebih besar sekarang," tambah dia.

Modal awal yang dikeluarkan Rina untuk membangun DiFa Cakes ini sebesar Rp 1 juta dan sekarang omzet yang dihasilkan mencapai Rp 30 juta per bulan. Sekarang DiFa Cakes menyediakan berbagai macam kudapan dan makanan. Tapi yang paling laku adalah klappertaart mulai dari harga Rp 9.000 sampai Rp 27.000. Lalu ada juga Rempeyek Krezzzz yang dibanderol Rp 13.000.

Berlanjut ke halaman berikutnya.