Peluang Ide Bisnis Digital Kala Pandemi, Mau Coba?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 22 Apr 2021 13:33 WIB
Online payment. Hands of woman using mobile smartphone and laptop computer for online shopping.
Foto: iStock
Jakarta -

Pandemi COVID-19 memang melemahkan perekonomian negara-negara dunia, namun tidak pada semangat juang pelaku bisnis untuk terus bertahan. Banyak usaha online justru lahir di kala pandemi.

Banyak masyarakat yang memilih belanja online demi menghindari penularan virus di tempat umum. Alhasil, bisnis online menjamur dan bisa menjadi ladang cuan di kala pandemi.

Nah, untuk detikers yang juga mau menambah pemasukan melalui bisnis online, berikut ini ide bisnis yang dapat kamu coba.

Bisnis Hampers

Bisnis hampers merupakan bisnis online musiman yang menjanjikan bagi banyak penjual. Selain praktis, produk-produk hampers yang unik juga dilirik banyak konsumen.

Seperti menjelang hari raya misalnya, banyak orang yang mulai berburu hampers dan memberikannya untuk kerabat dan saudara. Kamu bisa memanfaatkan momen ini dengan menjual bingkisan yang tidak hanya berkesan tetapi juga sangat berguna.

Hampers isi masker, sabun, dan desinfektan bisa menjadi salah satu opsi hampers yang bisa kamu jual. Saat ini, hampir semua masyarakat membutuhkan masker, hand sanitizer, dan sabun sebagai upaya untuk mencegah penularan virus COVID-19.

Maka dari itu, menjadikannya usaha adalah peluang yang bagus dan bisa dicoba untuk pebisnis pemula.

Isi ulang pulsa dan pembayaran internet

Semenjak pandemi, kuota sudah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari. Apalagi bagi orang yang memiliki aktivitas yang serba dari rumah seperti bekerja (work from home) dan sekolah online.

Dengan kondisi ini, operator telekomunikasi dan agen pulsa atau pembayaran internet dibutuhkan banyak orang. Hal ini juga bisa menjadi peluang besar bagi Anda yang ingin memulai bisnis online dengan modal yang tidak besar.

Jasa admin media sosial dan copywriter

Seiring dengan bisnis online yang marak di media sosial, penjual otomatis membutuhkan seseorang yang memiliki bahasa pemasaran dan penulisan kreatif yang biasa dilakukan oleh copywriter.

Namun, belum semua produk atau bisnis memanfaatkan dengan tepat. Masih banyak bisnis yang belum membuat komunikasi yang baik dengan para pelanggannya.

Nah, buat detikers yang memiliki kemampuan penulisan kreatif dan persuasif serta mengelola media sosial bisa mengincar peluang ini dengan menawarkan jasa menjadi admin media sosial dan copywriter.

Menjual kebutuhan sehari-hari secara online

Untuk meminimalkan risiko tertular virus corona, perlu pembatasan interaksi dengan orang lain. Pasar, swalayan, dan toko kelontong tampaknya menjadi momok yang menakutkan karena keramaiannya.

Namun, solusi berbelanja secara daring datang sebagai solusi. Kamu bisa menjual kebutuhan sehari-hari seperti sayuran, buah-buahan, atau bahan makanan lainnya lewat media sosial atau platform e-commerce.

Nah, buat detikers yang penasaran dengan ide bisnis lainnya, bisa kamu temukan di acara Festival Ide Bisnis pada sesi Inspiring Talks yang berlangsung pada Selasa, 27 April 2021 mulai pukul 13.00 WIB.

Nantinya kamu bisa belajar dari sepak terjang Steven Wongsoredjo (CEO and Co-Founder Aplikasi Super) yang membahas mengenai Tren Bisnis Online, Arif Budiman Nasuko (Founder & CEO Baleomol.com) yang akan memaparkan bagaimana meraup cuan dengan digital marketing, dan Michael Sugiharto (Digital Entrepreneur & Content Marketing Specialist) yang akan membagikan rahasia sukses berbisnis online.

Bisa tambah pemasukan tanpa harus bepergian, kenapa tidak? Daftarkan dirimu sekarang dengan klik di sini.

(dna/dna)