Saatnya Jadi Bos

Bisnis Sembako Digital, Emak-emak Raup Cuan di Tengah Pandemi

Siti Fatimah - detikFinance
Senin, 31 Mei 2021 17:52 WIB
Aplikasi Dagangan Indonesia
Foto: Siti Fatimah/detikcom: Emak-emak raup cuan di tengah pandemi lewat bisnis sembako digital
Jakarta -

Tinggal di perkampungan bukan berarti selalu berada dalam ketertinggalan. Kata itulah yang cocok untuk menggambarkan semangat emak-emak yang tinggal di kampung untuk tetap bisa mengumpulkan penghasilan sambil menjalankan tugasnya sebagai ibu rumah tangga.

Dengan dibekali teknologi, ibu-ibu ini melihat peluang usaha menjadi reseller aplikasi 'Dagangan', sebuah start-up yang bergerak di bidang social-commerce dengan menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga, mulai dari sembako, produk segar hingga kebutuhan harian tanpa perlu datang ke pasar.

Para reseller yang rata-rata dari kalangan ibu-ibu ini akan menjadi tempat drop of point barang dagangan yang dipesan melalui aplikasi. Aplikasi Dagangan tak hanya menyediakan kebutuhan sembako saja, tapi juga dinilai mampu berdayakan perempuan di perkampungan.

Salah satu ibu yang juga reseller Dagangan asal Kabupaten Bandung, Noni mengatakan, sudah sangat jarang berbelanja ke pasar karena selain usianya yang hampir menginjak 60 tahun dan rawan terpapar COVID-19, kebutuhan sehari-harinya pun sudah dapat terpenuhi dengan memesan barang melalui aplikasi tersebut. "Udah enggak pernah ke pasar, apalagi sudah menghasilkan (uang) sekarang. Bahaya COVID juga," ujarnya saat berbincang bersama wartawan, Senin (31/5/2021).

Warga lainnya, Siti Aminah menuturkan, sudah mulai mengikuti usaha Dagangan ini sejak satu tahun yang lalu. Dia mengatakan hal serupa dengan Noni, tak hanya kebutuhan sehari-hari saja yang terpenuhi tapi juga menambah penghasilannya selama di rumah.

"Awalnya saya ingin bantu saudara yang tinggal dekat rumah saya. Tiap hari mereka nitip belanja harian, juga belanja di aplikasi dengan referral saya menjadi binaan," kata Siti.

Dia juga tergiur dengan harga jual yang lebih murah ketimbang belanja langsung di pasar. "Jadi saya memilih dengan Dagangan saja, karena diantar sampai depan rumah, gratis ongkos kirim, dan pastinya aman di masa pandemi ini, ga perlu pergi-pergi. Aplikasinya mudah, harganya murah, dan saya dapat komisi juga tiap bulannya," tuturnya.

Berapa penghasilan dari bisnis re-seller yang dijalankan emak-emak ini? Langsung klik halaman berikutnya.

Simak Video: Peluang Usaha di Tahun 2021

[Gambas:Video 20detik]