Saatnya Jadi Bos

Ibu Rumah Tangga Jual 'Kertas Bisa Ditanam', Omzetnya Sampai Puluhan Juta

Siti Fatimah - detikFinance
Selasa, 13 Jul 2021 07:00 WIB
Ibu Rumah Tangga Bisnis Kertas Daur Ulang, Bisa Ditanam Lho
Foto: Dok. Pribadi

Dalam satu bulan, pendapatan tambahan sebagai ibu rumah tangga bisa ia kumpulkan hingga Rp 20 juta. Namun masih tergantung pada seberapa banyak pemesanan suvenir.

Harganya pun bervariasi dari mulai Rp 3.100 untuk eceran dan Rp 2.500 untuk grosir dengan minimal pembelian 500 pcs. Harga tergantung pada jenis biji yang dipilih dan jenis suvenir misalnya ada origami benih, pensil benih, kertas benih, stik benih, dan bola benih. Ada juga paket menanam yang bisa jadi pilihan untuk diberikan sebagai hadiah.

Ibu Rumah Tangga Bisnis Kertas Daur Ulang, Bisa Ditanam LhoFoto: Dok. Pribadi

Dalam menjalankan bisnisnya, tentu Azifah mengalami jatuh bangun dan tantangan selama berwirausaha. Tantangan terberatnya saat ia ingin mengedukasi pembeli dalam meminimalkan penggunaan plastik untuk membungkus souvenir dan mengenalkan kesabaran saat menanam tumbuhan dari biji.

"Akhirnya, supaya tidak ada dusta diantara kita, dari benihbunbun sendiri menyediakan fasilitas konsultasi bagi para pembeli produk," imbuhnya.

Dari proses pembuatan pun seringkali memperhatikan beberapa hal seperti membutuhkan cahaya matahari. Jika lembab, maka tanaman sudah tumbuh lebih dulu sebelum sampai ke tangan konsumen.

Namun hal tersebut tak menyurutkan semangat Azifah dalam berwirausaha. Saat ini, selain berwirausaha, dia pun tengah duduk di bangku kuliah Pasca Sarjana Biomanajemen Institut Teknologi Bandung (ITB).


(ara/ara)