Keren, UMKM Ini Ubah Pelepah Pinang Jadi Pengganti Styrofoam

Inkana Izatifiqa R Putri - detikFinance
Jumat, 30 Jul 2021 22:46 WIB
Pelepah Pinang Jadi Pengganti Styrofoam
Foto: Instagram/plepah_id
Jakarta -

Pelepah pohon pinang kerap dianggap limbah atau sampah bagi sebagian orang. Namun, siapa sangka kalau pelepah pinang bisa diolah jadi wadah makanan ramah lingkungan.

Salah satu Entrepreneur Heroes BNI, Rengkuh Banyu Mahandaru berinisiatif untuk mengolah pelepah pinang menjadi wadah makanan pengganti styrofoam. Ia menyebut ide ini terinspirasi dari sebuah riset di India, yang masyarakatnya menggunakan peralatan makan dengan bahan ramah lingkungan setiap harinya.

"Plepah adalah salah satu inisiatif pemberdayaan masyarakat di area konservasi melalui pengolahan produk hasil hutan non-kayu berupa limbah pertanian yaitu pohon pinang yang dijadikan masyarakat sekitar sebagai salah satu penggerak meningkatkan ekonomi lokal," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (30/7/2021).

Berdiri pada 2018, Rengkuh menjelaskan fokus awal UMKM ini berada di Sumatera, tepatnya di Desa Teluk Kulbi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi dan Desa Mendis, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Tujuannya, ia ingin menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan, dan memanfaatkan limbah untuk jadi peluang bisnis.

"Tujuan plepah ini untuk mencari alternatif kemasan makanan yang ramah lingkungan untuk mengurangi penggunaan kemasan sekali pakai yang berdampak pada pemanasan global, yang merupakan salah satu isu saat ini di Indonesia," katanya.

Meski terbuat dari pelepah pinang, produk Plepah juga anti air dan dapat dipanaskan hingga suhu 200°C selama 4 menit di dalam Microwave dan 45 menit di dalam oven. Tak heran Plepah mendapatkan berbagai penghargaan Bangga Buatan Indonesia di tahun 2020, serta menjadi Top 20 Good Design Award untuk kategori desain produk kemasan ramah lingkungan 2020. Menariknya lagi, bisnis ini juga meraup omzet hingga Rp 355 juta per tahun.

Kesuksesan bisnis Plepah tentu tak lepas dari berbagai usaha dan inovasi. Rengkuh akan bercerita tentang rahasia sukses membangun bisnis dalam acara Festival Ide Bisnis by Xpora.

Acara ini merupakan bentuk dukungan aktivitas perekonomian Indonesia yang dibuat oleh BNI bersama detikcom. Acara ini juga bertujuan untuk memberi edukasi, solusi, dan strategi membangun bisnis bersama para Entrepreneur Heroes BNI.

View this post on Instagram

A post shared by detikcom (@detikcom)

Dengan tema 'Idea Innovation: When Business Can Impacting Our Earth', Rengkuh akan mengisi webinar di hari kedua Festival Ide Bisnis by Xpora. Selain itu, Festival Ide Bisnis by Xpora ini akan dibuka oleh Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki.

Cerita inspiratif dari para Entrepreneur Heroes BNI ini bisa disaksikan 31 Juli 2021 pukul 13.00 di secara streaming di detik.com/ide-bisnis-xpora. Yuk ikut dan dapatkan Ide Bisnis Ekspor yang Kreatif dari para Entrepreneur Heroes BNI #EksporJadiMudah #UMKMGoGobal #SemangatBangkitdariCorona sponsored by BNI.

(ncm/hns)