Kisah Reseller Raup Ratusan Juta dari Produk Makanan Beku

Danang Sugianto - detikFinance
Sabtu, 04 Sep 2021 21:31 WIB
Kisah bisnis reseller makanan beku
Foto: Dok. Hoki Foods

Singkat cerita pada Desember 2012 ketika musim hujan tengah melanda, dia terbesit untuk berjualanan makanan beku atau frozen food. Alasan dia memilih bisnis frozen food sangat masuk akal, pertama semua orang butuh makanan, kedua makanan beku bisa tahan lama sehingga risikonya tidak terlalu besar.

"Nah awal mulanya saya jadi reseller, beli dari orang nama makanannya suki steamboat. Waktu itu kan masih jarang. Kebetulan juga lagi musim hujan, jadi kayaknya pas buat makan anget-anget," ucapnya.

Modal yang dikeluarkan Astri saat itu hanya Rp 650 ribu dan mendapatkan 10 pack. Dia menjual per 1 pack Rp 80 ribu, artinya dia mendapat untung Rp 15 ribu dari setiap pack.

Tak disangka, ternyata barang dagangannya itu laku. Akhirnya dia semakin yakin untuk menambah barang dagangannya dengan menjadi reseller berbagai jenis makanan beku.

Saat itu juga dia mulai memasarkan produknya melalui Instagram. Di tahun itu memang Instagram belum sebanyak sekarang penggunanya. Namun hingga saat ini terbukti, akun Instagramnya yang sudah punya 138 ribu pengikut masih menjadi gerbang utama masuknya pembeli.

"Memang sudah 2-3 tahun ini kita masuk jualan ke e-commerce. Banyak yang beli lewat e-commerce, tapi mereka tetap liat dulu ke IG kita. Terus dia liat deskripsi akhirnya dia milih beli di beberapa e-commerce yang disediakan. Kebanyakan mereka pilih e-commerce karena ada promo kurir atau cashback. Kalau masuknya ya tetap lewat Instagram," terangnya.

Hoki Foods kini memiliki beberapa jenis produk sendiri. Meski begitu toko online ini masih menjadi reseller dari berbagai jenis frozen foods. Jenisnya sekarang sudah sangat banyak, bahkan lebih dari 120 jenis makanan beku.

Hoki Foods juga bukan lagi menjadi reseller sembarangan. Jika dulu dia mencari produk-produk untuk dijual, kini malah banyak pemilik produk makanan beku yang yang menawarkan diri produknya dijual di Hoki Foods.

"Sekarang ada yang produksi sendiri, ada juga banyak produsen-produsen mau masukin barang ke kita. Jadi mereka banyak nawarin, gimana bisa masuk ke Hoki Foods. Jadi macamnya makin banyak lebih 120 jenis," ucapnya.

Selanjutnya tentang tips sukses menjadi reseller. Langsung klik halaman berikutnya.