Saatnya Jadi Bos

Manisnya Bisnis Gulali Kekinian, Dagangan Pria Ini Ludes Ribuan Bungkus

Trio Hamdani - detikFinance
Sabtu, 06 Nov 2021 07:30 WIB
Manisnya Bisnis Gulali Kekinian, Sebulan Bisa Laku 1.000 Bungkus
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Gulali atau arum manis menjadi salah satu jajanan favorit yang menemani masa kecil banyak orang. Sesuai namanya, rasanya yang manis digemari oleh anak-anak. Namun, saat ini jarang ditemui pedagang tradisional yang menjajakan produk berbahan dasar gula itu.

Peluang tersebut ditangkap oleh Willy Agung Wibowo, pegawai swasta berusia 29 tahun yang menjajal bisnis gulali kekinian. Dia memulai usahanya pada 2020 ketika Indonesia baru dilanda pandemi COVID-19. Keisengan tersebut dia lakukan karena terkena pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Dulu kita kalau jajan kan ada tukang arum manis keliling bawa mainan ya biasanya, sama arum manisnya. Sekarang jarang banget ada abang-abang yang keliling. Dari situ kepikiran," kata Founder Ruang Gulali itu kepada detikcom ditulis Sabtu (6/11/2021).

Dia pun sempat berkeliling mencari pedagang tradisional arum manis. Akhirnya dia menemukan satu penjual rumahan yang masih berbisnis arum manis, kebetulan sudah menyuplai ke pabrik-pabrik.

Akhirnya dia berbincang dengan penjual arum manis tersebut untuk menimba ilmu hingga akhirnya penjual tersebut dia ajak bekerja sama.

"Nah dari situ saya ajak join bikin arum manis tapi dengan terobosan baru, nggak pakai bahan kimia," tuturnya.

Manisnya Bisnis Gulali Kekinian, Sebulan Bisa Laku 1.000 BungkusManisnya Bisnis Gulali Kekinian, Sebulan Bisa Laku 1.000 Bungkus Foto: Dok. Istimewa

Memang, bahan pewarna ataupun perasa yang digunakan untuk membuat arum manis adalah bahan kimia untuk makanan sehingga aman digunakan. Namun dia ingin menggunakan bahan alami 100%.

"Yang dulu kita coba pertama itu rasa stroberi, kita coba bikin esense sendiri dari stroberi. Nah dari buah stroberi itu kita bikin esense cair buat dicampur sama adonan arum manisnya. tapi gagal karena ternyata asam dari stroberi itu sendiri masih terlalu banyak buat arum manisnya, jadi nggak menyampur dia. Gagal lah di situ," papar Willy.

Berlanjut ke halaman berikutnya.