Saatnya Jadi Bos

Manfaatkan Ojol Merajalela, 3 Sekawan Cuan Lewat Produk Ini

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 07 Jan 2022 07:30 WIB
Leyer.id
Foto: Dok. Leyer Id
Jakarta -

Siapa tidak tahu ojek online (ojol). Pengemudi kendaraan roda dua dengan jaket hijau ini sudah menjamur di mana-mana sehingga memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan. Di balik itu, rupanya ada peluang yang dapat dimanfaatkan mengundang pundi-pundi rupiah.

Seperti yang dimanfaatkan oleh tiga sekawan, James Tiono, Michael Mandalay, Farrel Muhammad Efra dengan menciptakan produk penutup kepala. James menjelaskan bahwa pihaknya menemukan masalah dalam penggunaan helm ojek online yang dipakai banyak orang secara bergantian.

"Setiap kali (helm) dipakai, mereka mungkin meninggalkan sedikit residu, keringat, minyak, ketombe mungkin, dan beberapa orang merasa jika hal itu kurang higienis," kata James kepada detikcom.

Selain itu helm juga memakan waktu yang cukup lama untuk dibersihkan. Prosesnya pun tidak mudah karena busanya tebal, harus dibongkar satu-satu, dicuci, lalu dikeringkan. Jika sering dicuci, busa helm pun akan mengikis.

Atas permasalahan tersebut pihaknya membuat penutup kepala yang diberi nama Leyer. Benda tersebut berfungsi agar kulit kepala tidak bersentuhan langsung dengan permukaan helm.

"Sebenarnya sudah ada produk yang mengatasi ini, misalnya shower cap. Dulu driver ojek online itu kasih shower cup. Tapi kelihatannya agak lucu ya kayak mau mandi dan panas juga soalnya dari plastik. Jadi kurang mendukung sirkulasi udara," tuturnya.

Sementara Leyer terbuat dari katun bambu yang dia klaim enak dipakai, nyaman, dan adem. Selain itu produknya juga lebih ramah lingkungan karena bisa dicuci terus menerus sehingga mengurangi sampah produk sekali pakai.

Dia dan kedua kerabatnya memulai bisnisnya pada November 2020 dan memerlukan 5 bulan untuk merancang produknya. Baru pada Maret 2021 produknya mulai dijual ke konsumen bermodalkan Rp 4 juta.

Leyer yang mereka hasilkan baru terdapat satu jenis yang harganya Rp 39.900. Omzetnya di bulan pertama masih sangat dikit, yaitu Rp 400 ribu. "Tapi kalau sekarang (omzet) itu terakhir Rp 8 juta totalnya, itu bulan Desember, kan masih berlanjut. Jadi sekitar Rp 8 juta lah," sebutnya.

Bagi yang penasaran dengan produk Leyer dapat mengunjungi Instagram leyer.id.

Lihat juga Video: Aspirasi Diterima Kemenhub, Demo Driver Ojol di Patung Kuda Selesai

[Gambas:Video 20detik]



(toy/fdl)