ADVERTISEMENT

Saatnya Jadi Bos

Kisah Rahma Jual Salad Buah Modal Ratusan Ribu, Kini Kantongi Ratusan Juta

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 01 Sep 2022 07:00 WIB
Wanita Asal Sidoarjo Bisnis Salad dan Puding Buah, Omzetnya Bikin Melongo
Kisah Rahma Jual Salad Buah Modal Ratusan Ribu, Kini Kantongi Ratusan Juta/Foto: Dok. Pribadi
Jakarta -

Saat ini hidup sehat menjadi tren yang terus diminati masyarakat, hingga banyak bisnis makanan sehat pun kejatuhan keuntungan atau 'durian runtuh'. Bisnis seperti salad dan puding buah juga berkembang.

Seperti halnya Nur Rahmawati atau akrab disapa Rahma, dia mengaku telah empat tahun menggeluti bisnis salad buah dan bisa mendapatkan omzet paling tinggi hingga Rp 500-600 juta per bulannya. Meskipun yang dijual tidak hanya salad buah, olahan seperti puding buah dengan kreasi yang menarik juga menjadi daya tarik bisnis Salad Buah Rahma.

Rahma bercerita bahwa bisnis salad buah ini berawal dari dirinya yang sering membuat salad buah untuk acara-acara keluarga. Karena banyak yang menyukai salad buah ala Rahma, keluarga dan teman-temannya pun memberikan ide agar salad buah tersebut dijual juga.

Awalnya penjualan hanya via WhatsApp dan yang membeli orang-orang terdekat. Namun karena ketekunan Rahma dalam berjualan terutama promosi kini bisnis itu meningkat signifikan bahkan telah memiliki rumah produksi sendiri.

"Mulai tahun 2018, bulan April, awalnya cuma dulu satu ukuran aja memang belum paham ya, saya bikin sesuai pesanan 'aku mau buat ukuran ini, saya buat ukuran untuk 4 orang'. Jadi hanya punya satu menu satu size satu harga pada waktu itu," kata Rahma saat berbincang dengan detikcom, ditulis Kamis (1/9/2022).

Rahma mengatakan pada awal merintis tidak mengeluarkan modal yang banyak, sebab keperluan peralatan hanya mengandalkan yang sudah ada di rumah. Ia hanya berbelanja buah-buahan saja dan bahan untuk saus salad.

"Jadi modal di bawah Rp 1 juta, ratusan ribu lah, jadi minim sekali modalnya," ujarnya.

Wanita Asal Sidoarjo Bisnis Salad dan Puding Buah, Omzetnya Bikin MelongoFoto: Dok. Pribadi

Tidak langsung mendapatkan omzet dan produksi yang banyak, Rahma bilang awalnya penjualan juga masih kadang ada dan tidak ada. Meski begitu berkembangnya waktu omzet yang dihasilkan awal-awal mencapai Rp 1-5 juta per bulan.

"Pada waktu itu saya masih produksi sendiri, waktu itu masih ada Almarhum Ibu juga dibantu ibu. Pada waktu itu juga produksi masih di rumah sendiri," ungkapnya.

Saat ini bisnis dengan merek dagang Salad Buah Rahma (SBR) telah meningkat signifikan. Tidak hanya satu ukuran atau satu harga untuk salad dan puding, berbagai rasa dan ukuran juga sudah banyak.

Harga jual salad dan puding cek halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT