ADVERTISEMENT

Selling Skill Adalah? Pengertian dan Manfaat Memilikinya

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Minggu, 18 Sep 2022 06:00 WIB
Young seller showing an organic skin product to a customer
Foto: Getty Images/iStockphoto/KatarzynaBialasiewicz
Jakarta -

Selling skill adalah seni atau teknik untuk menjual/menawarkan sesuatu. Menjual suatu produk, sejatinya bukan perkara mudah. Mengapa kita perlu kemampuan selling skill?

Pasalnya, semakin hari semakin banyak pula pesaing atau kompetitor yang ada di sekitar kita. Kemunculan kompetitor itu bisa akan menghambat kegiatan penjualan.

Oleh sebab itu, tim sales atau pekerja di bidang penjualan, tentu perlu untuk memiliki pengetahuan dan pemahaman dalam mempraktikkan keterampilan menjual atau selling skill. Kemampuan selling skill menjadi cara dalam bernegosiasi untuk bisa memperoleh kesepakatan terbaik dengan si pelanggan (customer).

Selling skill ini juga termasuk disiplin ilmu lho. Selling skill termasuk ilmu yang dipelajari untuk mempengaruhi orang lain.

Bagaimana cara meningkatkan selling skill? Berikut adalah penjelasan manfaat selling skill dan cara untuk meningkatkannya.

Apa Itu Selling Skill?

Dikutip dari repository.uin-suska.ac.id, arti dari selling skill adalah kemampuan atau seni yang dimiliki seseorang untuk mempengaruhi orang lain, agar mau membeli suatu produk (barang atau jasa) yang ditawarkan.

Dalam melakukan penjualan, penjual atau sales dituntut untuk punya bakat seni dan keahlian mempengaruhi orang lain. Tujuannya agar mendapat penjualan yang tinggi.

Jadi, selling skills adalah teknik dasar pebisnis untuk mempengaruhi dan bernegosiasi ke pelanggan, supaya mau membeli produk yang ditawarkan.

Selling skill juga perlu diimbangi dengan besarnya nilai suatu produk yang ditawarkan. Dengan begitu, proses negosiasi bisa berjalan dengan lancar dan penjual serta pembeli bisa menjalin hubungan baik.

Manfaat Memiliki Selling Skill

Berikut merupakan manfaat memiliki selling skill:

  • Mampu membangun dan berkomunikasi dengan baik
  • Mampu untuk berpikir kreatif
  • Memberikan kesempatan untuk bekerja dengan orang-orang
  • Selalu berusaha untuk disiplin
  • Mengetahui bagaimana cara bernegosiasi dengan baik
  • Mempertajam daya ingat
  • Menguji keberanian dan percaya diri setiap hari
  • Memungkinkan untuk menghasilkan pendapatan tambahan
  • Jalan untuk mempersiapkan jenjang karir selanjutnya.

Selling Skill yang Wajib Dimiliki Pebisnis

Dikutip dari laman Glassdoor, berikut adalah selling skill yang wajib dimiliki, antara lain:

1. Keterampilan Komunikasi yang Baik

Komunikasi menjadi selling skill utama yang wajib dimiliki pebisnis maupun sales. Bangunlah komunikasi dengan baik, yakni dengan berbicara jelas, singkat, dan dengan tujuan menyampaikan pesan kepercayaan kepada klien Anda dan dapat membantu membangun hubungan saling percaya.

Hubungan yang baik dengan pelanggan akan mampu meningkatkan hasil penjualan dan membermu keunggulan kompetitif. Selain itu, tak jarang juga karyawan yang memiliki selling skill ini mendapatkan komisi atau bayaran bonus berdasarkan kinerja penjualan.

2. Mendengarkan

Mendengarkan dengan baik merupakan selling skill yang wajib dimiliki selanjutnya, Skill ini juga akan menjadi kunci yang dibutuhkan untuk sukses dalam industri penjualan yang kompetitif.

Komunikator terkuat adalah pendengar yang kuat. Untuk itu, tunjukkanlah keterampilan mendengarkan yang kuat untuk klien kamu.

Jangan lupa untuk memperhatikan kontak mata, memiliki postur tubuh yang terbuka, tersenyum dan mengangguk bila perlu. Sesekali juga kamu bisa mengajukan pertanyaan untuk memperkaya pemahaman.

3. Empati

Empati adalah salah satu skill selling yang wajib dimiliki. Memahami perasaan dan perspektif orang lain, akan membantu kita dalam melakukan proses penjualan. Selain itu, menunjukkan rasa empati juga bisa membangun suatu kepercayaan.

4. Berpikir Positif

Pendekatan optimis terhadap suatu kegiatan penjualan, perlu menumbuhkan lingkungan kerja yang positif. Membangun hubungan yang kuat dan saling menghormati dengan klien atau kolega, juga diperlukan.

Tersenyumlah dan tunjukan wajah yang mudah bergaul, agar mudah didekati dengan orang lain. Jangan lupa juga untuk menunjukkan rasa terima kasih, untuk mengembangkan rasa hormat untuk membantu pelanggan memiliki kepercayaan pada pengetahuan dan selling skillmu.

5. Berpikir Kritis

Selling skill tentang keterampilan pemecahan masalah juga menjadi komponen penting dari kesuksesan, bahkah untuk semua profesi. Berpikir kritis dalam kemampuan penjualan, akan mampu membuat kita menyelesaikan masalah dan mengelola konflik.

Dengan demikian, kita akan mudah menemukan cara kreatif dan efektif untuk mengatur atau meminimalisir hambatan. Tidak hanya itu, hal ini juga bisa membimbing klien menuju solusi yang masuk akal (bagi kedua belah pihak).

6. Kemampuan untuk Beradaptasi

Kemampuan beradaptasi atau menyesuaikan diri merupakan skill selling yang membuktikan kalau pola pikir kita bisa berkembang. Kebutuhan dan kepuasan atau tipe kesukaan pelanggan akan selalu berubah, dengan skill selling ini kita tentu bisa menyesuaikan pendekatan terhadap penjualan.

7. Jadilah Kredibel

Pelanggan akan cenderung memperhatikan juga kepercayaan atau kredibilitas. Untuk itu perlu menjadi seorang yang autentik. Penjual yang autentik akan menunjukan suatu integritas dan kepercayaan diri yang baik.

8. Manajemen Waktu

Jika kita memiliki suatu janji apalagi dengan klien atau pelanggan, datanglah untuk tepat waktu. Penuhi tenggat waktu secara konsisten dan prioritaskanlah tugas, untuk menunjukkan etos kerja yang kuat dan tingkat profesionalisme kamu.

Cara Meningkatkan Kemampuan Selling Skills

1. Minta Umpan Balik dari Atasan dan Rekan Kerja

Mintalah masukan dari rekan kerja dan atasanmu. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu bisa menghargai ide-ide maupun kritikan mereka.

Kritik tentunya harus bersifat profesional, yang bisa membangun dan memberi kamu wawasan baru dalam mengevaluasi diri. Saat meminta masukan dari atasan, itu juga bisa melatih untuk memposisikan dirimu sebagai pemimpin di masa depan.

2. Mendengarkan Masukan

Ketika ada rekan atau seseorang yang memberikan masukan padamu, jadikanlah itu sebagai catatan mental. Tulis atau ingat poin apa saja yang menjadi bagian penting untuk perbaikan kamu selanjutnya dalam melakukan penjualan.

Dengan begitu juga, itu bisa memastikan kalau kamu benar mendengarkannya. Selain itu, tak ada salahnya untuk merangkum dan sampaikan kembali poin yang sudah kamu catat untuk membantu mereka mengklarifikasi ide, kritikan maupun saran, agar tidak terjadi miskomunikasi.

3. Ikut Pelatihan

Meningkatkan selling skill juga bisa didapatkan melalui kursus maupun pelatihan. Pelatihan sales biasanya juga diadakan oleh perusahaan.

Tapi, saat ini juga sudah banyak pihak yang membuka program pelatihan penjualan. Bisa dalam bentuk workshop langsung atau kelas online. Penjelasan materi pelatihan akan membuatmu tahu bagaimana cara atau tips bernegosiasi, apa yang perlu diperhatikan ketika menjadi seorang sales dan lain-lain.

4. Berlatih Mirroring

Cara meningkatkan selling skill lainnya yaitu dengan berlatih mirroring. Maksudnya, kamu bisa latih dirimu di depan kaca, lalu mencoba untuk berkomunikasi dengan dirimu sendiri dengan bahasa yang sama yang digunakan klien kamu.

Misalnya, saat sedang berdiskusi. Latih juga keterampilan komunikasi non-verbal kamu, dengan meniru bahasa tubuh mereka untuk menunjukkan ide dan niat kamu sama atau sejalan dengan mereka.

5. Temukan Ruang untuk Perbaikan

Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan tetapkan tujuan untuk diri kamu sendiri. Tujuan mana yang perlu untuk ditingkatkan, walaupun kadang kamu merasa sudah berkinerja dengan baik. Bergerak menuju tujuan jangka panjang, mungkin bisa mengesankan klien atau pelanggan anda.

Singkatnya, skill selling bisa dipelajari melalui pembinaan, lalu disempurnakan melalui pengalaman dan dimanfaatkan, untuk memenuhi berbagai macam prospek pada tingkat pribadi yang lebih bijaksana.

Sudah banyak wirausahawan/pebisnis atau perusahaan besar yang sukses, memulai usaha mereka dari kecil, diawali dengan menjadi seorang penjual. Kemauan untuk terus belajar selling skill menjadi kunci seorang wirausahawan atau pebisnis, jika ingin sukses.

Itu tadi penjelasan tentang apa itu selling skill, yaitu kemampuan seseorang dalam berjualan. Semoga penjelasan beberapa manfaat selling skill tadi juga bisa menambah pengetahuan detikers ya!



Simak Video "Alasan Direktur Unilever Indonesia Mengundurkan Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT