ADVERTISEMENT

10 Cara Follow Up Customer agar Penjualan Meningkat

Rully Desthian Pahlephi - detikFinance
Senin, 19 Sep 2022 05:00 WIB
Ilustrasi customer.
Foto: Blake Wisz/Unsplash
Jakarta -

Setiap pelaku bisnis pasti ingin mendapatkan angka penjualan yang tinggi,salah satu caranya adalah dengan melakukan follow up customer. Oleh karena itu setiap pelaku bisnis perlu mempelajari cara follow up customer dengan baik.

Melakukan follow up customer dengan baik bisa meningkatkan peluang mereka untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. Teknik follow up customer juga bisa membuat konsumen yang sudah membeli produk kamu jadi membelinya lagi yang biasa disebut repeat order.

Skill komunikasi dan negosiasi menjadi dua soft skill yang terpenting untuk bisa melakukan hal ini. Ketika seseorang memiliki kedua skill tersebut maka makin besar potensi untuk berhasil dalam follow up customer.

Manfaat Melakukan Follow Up Customer

Mengutip laman My Operator, follow up customer penting untuk dilakukan karena memberikan banyak manfaat untuk kesuksesan suatu bisnis. Berikut ini adalah manfaat melakukan follow up customer:

  • Pemenuhan ekspektasi, sebagai pebisnis kita memang harus mendahulukan customer dan perlu mengetahui apa yang menjadi ekspektasi mereka terhadap produk yang kita tawarkan. Follow up customer menjadi salah satu cara untuk mengetahui ekspektasi tersebut.
  • Tetap dekat dengan customer, kedekatan ini akan membuat customer merasa kalau kita sebagai pebisnis peduli terhadap semua customer. Kedekatan ini akan membuat customer tetap menggunakan produk yang kita tawarkan.
  • Membuat customer merasa spesial, cara ini akan membuat customer merasa spesial karena mereka menganggap kalau kamu memperlakukan mereka secara khusus.
  • Memberikan pelayanan terbaik, follow up customer merupakan cara untuk memberikan pelayanan terbaik kepada customer. Dengan begitu, customer akan senang dan setia dengan produk yang kamu tawarkan.

Cara Follow Up Calon Customer

1. Tanyakan Cara Terbaik untuk Follow Up

Cara pertama untuk melakukan follow up adalah dengan menanyakan cara terbaik untuk melakukannya kepada masing-masing customer. Hal ini perlu dilakukan karena setiap customer punya preferensi yang berbeda yang nyaman untuk mereka.

2. Hubungi Calon Konsumen di Hari yang Sama

Pastikan kamu menghubungi calon konsumen di hari yang sama dengan pertemuan pertama dengan calon konsumen. Hal ini akan membuat konsumen menempatkan produkmu dalam top of mind mereka sehingga semakin besar peluang untuk mendapatkan konsumen tersebut.

3. Tawarkan Jasa Konsultasi Gratis

Saat berbicara dengan calon konsumen, pastikan kamu selalu menawarkan konsultasi atas masalah yang mereka hadapi. Dengan begini, kamu bisa melakukan penawaran produk dengan lebih baik dan pelanggan akan lebih yakin untuk menggunakan produk yang kamu tawarkan.

4. Tawarkan Keunggulan di Setiap Follow Up

Ketika melakukan follow up, pastikan untuk menginformasikan keunggulan dari produk yang kamu tawarkan. Yakinkan mereka bahwa mereka akan mendapatkan banyak benefit jika memutuskan untuk membeli produk tersebut.

5. Tetap Terhubung dengan Calon Konsumen

Ketika semua cara di atas sudah dilakukan tetapi calon konsumen belum membuat keputusan, pastikan untuk tetap terhubung dengan mereka. Jika calon konsumen belum tertarik sekarang, boleh jadi konsumen tersebut akan tertarik di lain kesempatan, jadi pastikan untuk menjaga hubungan dengan mereka.

Cara Follow Up Customer Setelah Pembelian

1. Sampaikan Ucapan Terima Kasih

Cara pertama adalah dengan mengungkapkan rasa terima kasih kepada customer yang sudah membeli produkmu. Hal ini akan membuat customer merasa spesial dan diperhatikan sehingga menjadi lebih loyal kepada bisnismu.

2. Tanyakan Pengalaman Menggunakan Produk

Cara selanjutnya adalah dengan cara menanyakan pengalaman yang mereka rasakan, baik kepuasan mereka atau keluhan mereka. Jika mereka puas, maka ucapkan kembali terima kasih dan sampaikan harapanmu supaya mereka loyal, sedangkan jika merasakan ada keluhan maka tawarkan bantuan kepada mereka.

3. Tetap Terhubung dengan Konsumen

Seperti halnya dengan calon konsumen, kamu juga harus tetap terhubung dengan konsumen yang sudah membeli produk yang kamu tawarkan. Kamu bisa menanyakan mereka tentang kesediaan mereka untuk dikirimi informasi produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen tersebut.

4. Tawarkan Diskon

Cara selanjutnya supaya customer melakukan repeat order adalah dengan memberikan informasi tentang diskon. Dengan begitu, customer akan makin tertarik untuk melakukan repeat order.

5. Meminta Rujukan

Customer yang senang akan memberikan rujukan tentang bisnis kamu kepada orang di sekitarnya. Oleh karena itu, pastikan kalau mereka merasa senang lalu minta mereka untuk memberi rujukan kepada orang lain, tentu dengan cara yang tidak memaksa.

Tips Sukses Follow Up Customer

Dilansir dari Outbound Engine, terdapat beberapa tips untuk melakukan follow up customer. Berikut ini adalah tipsnya:

1. Siapkan Rencana

Follow up yang dilakukan perlu dilakukan dengan rencana yang matang. Beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti kalimat follow up dan waktu yang baik dalam melakukan follow up.

2. Memperlakukan Customer dengan Hormat

Dengan perlakuan yang baik, customer akan merasa spesial sehingga meningkatkan peluang keberhasilan. Cobalah untuk menggunakan kata-kata yang baik dan sopan serta memperhatikan setiap permasalahan yang dirasakan customer disertai dengan penawaran bantuan.

3. Datangi Customer

Tips selanjutnya adalah dengan mendatangi customer di tempat yang mereka inginkan. Tempat tersebut bisa berupa tempat secara fisik maupun platform sosial media seperti LinkedIn, Facebook, WhatsApp, Instagram, dan lain sebagainya.

4. Respons dengan Cepat

Seperti yang sudah disinggung bahwa kita harus memberikan pelayanan terbaik sehingga customer merasa diperhatikan. Memberikan respon cepat ketika mereka membutuhkan bantuan atau perlu mendapat jawaban adalah salah satu cara untuk memberikan pelayanan yang baik tersebut.

Kata-kata Follow Up Customer yang Sering Digunakan

Berikut adalah 10 contoh kata-kata yang sering digunakan untuk follow up customer:

  1. Memberikan salam, lalu tanyakan kabar pada saat pertama kali menghubungi. Contohnya "Selamat pagi Mbak Salma, Bagaimana kabarnya hari ini?"
  2. Berikan pertanyaan untuk membuat calon customer merasa terkesan. Contohnya "Mbak Salma, bagaimana dengan pekerjaan kemarin? Apakah masih sibuk?
  3. Mendoakan yang terbaik untuk customer. Contohnya "Semoga bisnis Mbak Salma dapat berjalan dengan lancar dan keluarga pun juga diberikan kesehatan".
  4. Tanyakan kembali secara halus perihal produk yang pernah ditanyakan. Contohnya "Oh iya mbak Salma, kira-kira sepatu yang kemarin pernah ditanyakan jadi pilih warna apa? Apakah masih sama dengan pilihan yang kemarin atau mau ganti warna yang lain?
  5. Tanyakan secara perlahan, kapan ingin membeli produk. Contohnya "Mbak Salma berarti warna yang dipilih masih sama seperti yang kemarin ya? kira-kira mbak Salma mau transfer hari ini apa besok?
  6. Memberi penjelasan supaya membeli lebih dari satu produk. Misalnya "Mbak Salma, kita kebetulan sedang ada promo jadi kalau Mbak Salma membeli 2 sepat untuk hari ini maka memperoleh potongan harga Rp 40.000. Apakah mau dua sepatu sekalian Mbak?
  7. Mengucapkan kata pengingat. "Baik Mbak Salma, pesanan akan segera kami proses dan jangan lupa untuk konfirmasi apabila sudah melakukan transfer ya.
  8. Ucapan terima kasih. "Terima kasih ya Mbak Salma, sudah minat membeli produk kami".
  9. Memberikan informasi seputar produk . "Jika Mbak Salma ingin melakukan pembelian di kemudian hari, jangan sungkan untuk menghubungi kami ya mbak, kami siap memberikan informasi yang Mbak Salma butuhkan".
  10. Ucapan salam "Baik Salma, terima kasih ya atas konfirmasi dan waktunya, selamat beraktivitas kembali".

Nah, itulah pembahasan mengenai cara follow up customer dengan benar. Semoga artikel ini membantumu untuk melakukan follow up kepada customer.



Simak Video "Alasan Direktur Unilever Indonesia Mengundurkan Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT