ADVERTISEMENT

10 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Daur Ulang yang Menguntungkan

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Senin, 19 Sep 2022 11:32 WIB
Beberapa WNA ikut membuat kreasi daur ulang dari daun bawang di Rumah Amalia, Ciledug, Tangerang. Seperti apa hasilnya?
Foto ilustrasi: Rachman Haryanto
Jakarta -

Sampah atau barang yang sudah tidak terpakai alias barang bekas, nyatanya bisa dijadikan sebagai ladang mencari cuan lho. Salah satunya yaitu membuat bisnis kerajinan tangan daur ulang.

Pasalnya, bisnis kerajinan dari barang bekas ini cenderung bisa dilakukan dengan atau tanpa modal sekali pun. Walaupun terbuat dari barang bekas, produknya juga bisa punya harga jual yang tinggi.

Bahkan jika berkualitas, mungkin juga untuk dipasarkan sampai ke luar negeri. Ada banyak kerajinan tangan yang terbuat dari daur ulang, contohnya tas, lampu hias hingga pajangan dinding.

Simak Penjelasan ide bisnis kerajinan tangan daur ulang yang menguntungkan, yang bisa jadi referensi kamu berikut ini.

Peluang Bisnis Kerajinan Tangan Daur Ulang

Suatu ide kreatif dan unik bisa menciptakan peluang usaha. Dikutip dari buku Prakarya dan Kewirausahaan Kemdikbud oleh RR. Indah Setyowati, dkk, bahwa pada awalnya kerajinan merupakan bentuk dari budaya tradisional, namun kini bisa menjadi komoditi suatu negara yang bisa meningkatkan devisa.

Sedangkan, pengertian daur ulang yaitu cara untuk mengolah barang bekas supaya bisa digunakan kembali sebagai barang yang bermanfaat dan punya nilai ekonomis. Jadi, kerajinan daur ulang adalah proses daur ulang yang bisa menambah nilai manfaat dan keindahan suatu produk yang dihasilkan.

Artinya, aneka produk kerajinan daur ulang juga bisa meningkatkan nilai ekonomi dan membantu perekonomian masyarakat sekitar. Barang yang dianggap sampah, bisa menjadi barang bermanfaat atau karya seni dengan harga jual tinggi.

Ada banyak bahan-bahan daur ulang tangan di sekeliling kita untuk dibuat menjadi kerajinan. Misalnya, botol bekas, plastik, daun, kertas dan lain-lain.

Berdasarkan bahannya, produk kerajinan terdiri dari beberapa jenis ada dari bahan limbah berbentuk bangun datar hingga bangun ruang. Selain membantu mengatasi pencemaran lingkungan, peluang bisnis kerajinan daur ulang juga bisa menjadi bisnis minim modal yang bisa menguntungkan.

Nunung Kurniawati, S.E, dalam modul Kemdikbud PKWU, menyebutkan beberapa hal-hal yang harus diperhatikan dalam menciptakan produk kerajinan tangan yang kreatif dan menguntungkan, antara lain:

  • Ide dalam pembuatan produk kerajinan yang diminati oleh konsumen atau target pasar
  • Ide dalam pembuatan produk kerajinan yang bisa memenangkan persaingan
  • Ide dalam pembuatan dan pendayagunaan sumber-sumber produk kerajinan
  • Ide yang bisa mencegah kebosanan konsumen, di dalam penggunaan produk kerajinan.

Ide Bisnis Kerajinan Tangan Daur Ulang

1. Kerajinan Tangan Tas Cantik dari Sampah Plastik

Sampah plastik termasuk dalam sampah anorganik, yang sulit untuk terurai. Bahkan, sampah plastik butuh waktu ratusan tahun agar bisa diurai oleh mikroorganisme.

Oleh sebab itu, sampah plastik bisa kita manfaatkan sebagai bahan untuk kerajinan tangan daur ulang. Misalnya, karya kerajinan produk tas cantik, tas jinjing atau tas belanja. Caranya, tas dibuat bisa dengan dianyam dari bahan plastik bekas kemasan.

2. Kerajinan Tangan Daur Ulang dari Botol Bekas

Ide bisnis kerajinan tangan daur ulang selanjutnya yaitu memanfaatkan botol bekas. Kalau kamu punya atau menemukan botol plastik bekas atau jenis lainnya, kamu bisa merubahnya menjadi berbagai wadah penyimpanan serbaguna.

Misalnya, untuk pot atau vas bunga kecil, tempat pensil dan masih banyak lagi. Caranya, kamu bisa potong botol tersebut menjadi setengah bagian. Lalu, dipercantik dengan dihias menggunakan aneka warna cat air.

3. Kerajinan Tangan Hiasan Dinding dari Limbah Pecahan Keramik

Pecahan keramik juga bisa dimanfaatkan ide bisnis kerajinan daur ulang yang menguntungkan. Produk kerajinan limbah pecahan keramik yang banyak dibuat yaitu sebagai pelengkap estetika sebuah benda, misalnya menjadi hiasan dinding yang cantik.

Untuk membuatnya, bahan yang dibutuhkan adalah keramik yang sudah terpecah belah (boleh dari beragam warna), lem kuning dan mortar atau semen putih. Alat yang digunakan terdiri dari palu, amplas dan lap.

Apabila produk yang dihasilkan benar-benar unik dan berkualitas, saat ini pecahan keramik sudah menjadi komoditi ekspor. Banyak orang asing yang menyukai hal hal klasik, terutama produk yang berasal dari pecahan keramik.

4. Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas

Detikers kalian pasti sering melihat tumpukan kardus bekas yang terbengkalai, bukan? Nah, kardus bekas bisa dimanfaatkan menjadi suatu kerajinan unik dengan nilai seni yang tinggi.

Kardus bekas bisa dijadikan produk lampu hias daur ulang yang bisa dijual. Kemudian kardus bekas bisa dibuat menjadi bingkai foto, rak mini serbaguna bahkan tas.

Contoh cara membuat kerajinan tangan dari kardus bekas untuk membuat rak mini, yaitu yang pertama kumpulkan kardus bekas, gunting atau cutter, lem, kertas, cat dan pendukung lainnya.

Setelah itu, kamu bisa potong kardus sesuai bentuk rak yang diinginkan. Jika sudah cat untuk memberikan warna, supaya lebih cantik.

5. Kerajinan Tangan dari Limbah Bunga Kering

Bunga kering yang berjatuhan di halaman juga bisa dijadikan ide bisnis kerajinan tangan yang indah dan bisa bernilai. Adapun produk karya kerajinan dari limbah bunga kering seperti, bunga hias, hiasan buku, hiasan dinding, dan lain-lain.

6. Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim

Ide bisnis kerajinan tangan dari barang bekas lainnya yaitu kerajinan dari stik atau sendok es krim. Bekas stik es krim atau sendoknya bisa kita buat menjadi lampu hias atau pajangan di rumah.

Caranya kamu bisa potong dan gabungkan sendok plastik atau stik es krim dengan lem, lalu dibuat sesuai bentuk yang diinginkan. Kamu juga bisa menjual hasil karya lampu hias dari stik es krim itu di online lho.

7. Kerajinan Tangan dari Koran Bekas

Ide bisnis kerajinan tangan selanjutnya yaitu berasal dari sampah kertas. Koran atau majalah bekas biasanya dibuang atau tertumpuk di gudang, namun koran bekas bisa menjadi sesuatu barang dengan nilai jual tinggi.

Misalnya, koran bekas bisa dijadikan kerajinan tempat tisu, keranjang dan masih banyak lagi. Kita cukup membutuhkan modal koran bekas, alat pendukung lainnya dan kreativitas.

Bisnis dari daur ulang koran bekas juga tidak membutuhkan modal banyak. Harga jual kerajinan koran bekas akan ditentukan dan disesuaikan, dengan tingkat kesulitan pembuatan dan keunikannya.

8. Kerajinan Tangan dari Limbah Kayu

Limbah kayu yang ada di sekitar kita bisa untuk bahan kerajinan yang mungkin bernilai jual tinggi, yang dibuat secara handmade. Produk kerajinan kayu bisa dihargai dengan harga yang bervariasi. Contohnya dibuat menjadi alat makan yang unik dan ramah lingkungan, lampu hias dan lain-lain.

9. Bunga Artificial Kerajinan Tangan dari Daur Ulang Kertas

Contoh kerajinan tangan dari daur ulang kertas yaitu bunga artificial (bunga tiruan atau hiasan). Bunga artifisial memiliki nilai ekonomis, sehingga cocok untuk dijadikan ide bisnis.

Apalagi bunga hias ini bisa dibuat dari kertas bekas, yang bisa didapatkan dengan mudah dan murah bahkan tanpa modal. Jenis kertas yang dipakai bisa apa saja dan bentuknya disesuaikan dengan ide dan kreativitas kamu.

10. Kerajinan Tangan Daur Ulang dari Limbah Kulit/Cangkang Kerang

Cangkang kerang bisa menjadi bahan ide bisnis untuk dibuat kerajinan yang indah serta unik. Misalnya, cangkang kerang yang berukuran kecil dan pipih, bisa dibuat sebagai penghias frame foto atau cermin, kap lampu, kotak perhiasan dan lain-lain. Sementara, kerang-kerang yang berukuran sedang bisa dijadikan sebagai tirai, replika hewan, miniatur bangunan, dan masih banyak lagi.

Jika kamu masih bingung untuk memulai dan ingin tahu bagaimana cara membuat kerajinan tangan daur ulang lainnya, saat ini sudah banyak video di YouTube yang menjelaskan tutorialnya kok. Jadi, itu semua bisa memudahkan kamu untuk memulai bisnis kerajinan tangan daur ulang.

Nah, itu tadi daftar ide bisnis kerajinan tangan daur ulang yang menguntungkan. Detikers, tertarik untuk membuat kerajinan tangan daur ulang dari bahan yang mana?



Simak Video "Mengenal Bagan, Alat Tangkap Ikan Nelayan Anambas"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT