ADVERTISEMENT

Contoh Proposal Bisnis Kerajinan Tangan yang Baik dan Benar

ilham fikriansyah - detikFinance
Senin, 19 Sep 2022 18:11 WIB
Ilustrasi contoh membuat proposal bisnis.
Foto: Romain Dancre/Unsplash
Jakarta -

Sebelum menjalankan sebuah bisnis, tentunya kamu perlu merencanakannya secara matang agar usaha berjalan lancar. Maka dari itu, kini sejumlah pengusaha telah memiliki proposal perusahaan, bahkan termasuk juga dalam bisnis kerajinan tangan.

Namun masih banyak pelaku usaha yang tidak membuat proposal perusahaan, padahal proposal merupakan suatu hal penting untuk merencanakan jalannya usaha secara baik dan benar. Selain itu, hadirnya proposal juga mempermudah orang-orang mengetahui bisnis kamu lebih dalam, terutama bagi para investor yang ingin menanamkan modalnya.

Lantas, seperti apa contoh proposal bisnis kerajinan tangan yang baik dan benar? Simak penjelasannya secara lengkap dalam artikel di bawah ini yuk detikers.

Proposal Adalah

Sebelum melihat contoh proposal untuk bisnis kerajinan tangan, mari kita ketahui lebih dalam apa itu proposal yuk detikers. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja.

Dijelaskan dalam buku Kumpulan Contoh Sukses dan Tembus Pengajuan Proposal oleh Huriyyah Badriyah, proposal adalah rencana kerja yang disusun secara sistematis dan terinci untuk suatu kegiatan yang bersifat formal. Proposal adalah suatu usulan kegiatan yang memerlukan dukungan atau persetujuan dari pihak lain.

Dalam penggunaannya, proposal dibedakan menjadi dua jenis yakni proposal penelitian dan proposal umum. Pada umumnya proposal ilmiah disusun oleh seorang peneliti atau mahasiswa yang akan membuat penelitian, mulai dari skripsi, tesis, dan disertasi. Selain itu, proposal penelitian biasanya memiliki suatu bentuk dengan berbagai standar tertentu seperti penggunaan bahasa, tanda baca, kutipan, dan lain sebagainya.

Nah lain halnya dengan proposal umum, proposal ini biasanya digunakan sebagai usulan atau rancangan kegiatan. Baik proposal ilmiah atau penelitian memiliki banyak kemiripan, namun karena sifatnya lebih umum maka proposal umum biasanya menggunakan bahasa yang lebih santai, namun harus tetap formal agar terlihat profesional.

Perlu diingat detikers, secara mendasar penulisan proposal hanya salah satu dari sekian banyak tahap perencanaan. Penulisan proposal adalah suatu langkah penggabungan dari berbagai perencanaan yang telah dibuat dalam tahap-tahap sebelumnya.

Contoh Proposal Bisnis Kerajinan Tangan

Setelah memahami pengertian tentang proposal, kini saatnya melihat contoh proposal bisnis kerajinan tangan yang baik dan benar. Sebagai pengingat detikers, contoh di bawah ini hanyalah sebagai referensi saja, kamu bisa sesuaikan kembali dengan kebutuhan perusahaan ya.

Biar nggak penasaran, simak contoh proposal bisnis kerajinan tangan berikut ini:

LAPORAN KERAJINAN TANGAN

"Bros Cantik dari Kain Perca"


Disusun Oleh:
Ahmad Fauzan

NIM:
2018776592003

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan laporan praktek pembuatan bross dari kain perca dapat diselesaikan tepat waktu.

Penulisan laporan ini merupakan tugas individu yang diberikan oleh dosen mata kuliah Penyehatan Tanah dan Pengelolaan Sampah yaitu Iwan Zulfikar. Dalam menyusun laporan ini saya menggunakan metode pustaka, di mana pengumpulan materi diperoleh dari berbagai macam informasi tentang kerajinan tangan dari barang bekas.

Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu pembuatan laporan ini. Saya akui laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu saya mengharapkan kritik serta saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan laporan ini.

Semoga laporan ini bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih

Jakarta, 18 Agustus 2018

Ahmad Fauzan

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR...................... 1
DAFTAR ISI...................................... 2
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang.......................... 3
B. Tujuan............................................ 3
C. Rumusan Masalah............................................ 3
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Seni Kerajinan Perca......................................... 4
B. Kerajinan Kain Perca di Indonesia............................. 4
C. Teknik Jahitan dalam Kerajinan Kain Perca.......................... 5
D. Contoh Bross dari Kain Perca.......................... 6
BAB III PROSES PEMBUATAN
A. Alat dan Bahan........................ 7
B. Cara Pembuatan............................... 8
BAB IV HASIL PRODUK
A. Rincian Biaya.................................. 12
B. Bross Cantik dari Kain Perca............................... 13
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan............................. 14
B. Saran........................................ 15
DAFTAR PUSTAKA

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kerajinan adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan). Kerajinan yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan.

Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai. Biasanya istilah ini diterapkan untuk cara tradisional dalam membuat barang-barang. Kerajinan tangan bisa terbuat dari barang barang bekas seperti botol bekas, kardus, dan plastik makanan.

Berawal kegeraman saya ketika melihat banyaknya sampah yang semestinya mampu dikelola secara apik, sehingga menghasilkan sebuah inovasi yang bernilai ekonomis tinggi. Untuk kali ini saya akan membuat kerajinan tangan yang berbasis mendaur ulang barang bekas yaitu kain perca menjadi sebuah kerajinan tangan yang bagus.

B. Tujuan

  1. Untuk mengurangi jumlah sampah kain sisa atau perca.
  2. Untuk menambahkan kreativitas diri.
  3. Untuk menciptakan kepribadian yang peduli terhadap lingkungan.

C. Rumusan Masalah

  1. Apa itu kain perca?
  2. Bagaimana agar kain perca dapat berguna?
  3. Bagaimana cara pembuatannya?
  4. Berapa rincian biaya dalam proses pembuatan bros dari kain perca?
  5. Bagaimana hasil produk yang dihasilkan?

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

A. Seni Kerajinan Perca

Kerajinan kain perca merupakan salah satu kerajinan yang menjadi bagian dari dunia jahit-menjahit. Kerajinan ini dibuat dengan menggunakan bahan yang tergolong limbah, yaitu bermacam-macam kain perca.

Kain ini digunakan untuk membuat sebuah karya kerajinan yang indah dan bahkan memiliki nilai secaranya adalah dengan memotong-motong beragam kain sisa menjadi berbagai bentuk, kemudian menggabungkan potongan-potongan tersebut dengan menjahitnya kembali. Tentunya perpaduan warna dan pola kain juga harus diperhatikan agar bisa tercipta sebuah kerajinan perca yang indah

Kerajinan kain perca saat ini sudah menjadi salah satu kerajinan yang paling dikagumi dan diminati oleh banyak orang Indonesia, bahkan juga di seluruh dunia. Awalnya kerajinan ini merupakan salah satu kerajinan tradisional. Namun, sekarang kerajinan ini malah menjadi salah satu tren baru di dunia kerajinan.

Ini disebabkan oleh adanya sentuhan-sentuhan kontemporer yang diberikan pada kreasi-kreasi baru yang tercipta. Sekarang, kita bisa menemukan kerajinan kain ini dalam beragam jenis kreasi serta pola yang indah dan bernilai seni tinggi seperti bed cover, taplak meja cantik, baju, tas, sajadah, hiasan dinding, dan lain sebagainya. Seni kerajinan perca merupakan perpaduan antara seni tradisional dan kontemporer.

Kerajinan perca merupakan gabungan dua lembar kain yang tengahnya diisi dengan bahan penghangat batting dari silikon. Lapisan atas kerajinan perca bisa terdiri dari gabungan atau salah satu dari patchwork atau aplikasi. Ketiga lapisan berbentuk sandwich dijahit dengan jahitan mesin atau tangan (jelujur).

B. Kerajinan Kain Perca di Indonesia

Kerajinan kain perca sebenarnya sudah cukup lama dikenal di Indonesia dan juga termasuk ke dalam kerajinan seni tradisional. Awalnya kerajinan perca di Indonesia kurang diminati, sebab pembuatannya yang berbahan dasar limbah perca sehingga kerajinan ini jadi dipandang sebelah mata.

Namun, seiring dengan semakin meningkatnya daya kreativitas dan kualitas bahan yang digunakan oleh para pengrajin, saat ini kerajinan ini semakin populer. Ada banyak sekali orang yang ingin memiliki dan juga mempelajari seni kerajinan ini. Barang-barang hasil kerajinannya pun semakin beragam dan bernilai jual cukup tinggi.

Kerajinan kain ini juga menjadi salah satu kerajinan yang diminati para ibu rumah tangga dan remaja putri untuk dipelajari. Sudah banyak kelompok-kelompok kreatif yang khusus mengerjakan berbagai kerajinan ini dan menjualnya.

Bahkan, tidak sedikit dari kelompok-kelompok tersebut yang sukses menciptakan kerajinan berkualitas dan bernilai seni tinggi hingga dapat menembus pasar internasional. Jadi, kerajinan ini juga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi para ibu rumah tangga, remaja putri atau siapa saja yang memiliki bakat dan minat di bidang jahit-menjahit.

C. Teknik Jahitan dalam Kerajinan Kain Perca

Kerajinan kain ini bisa dibuat dengan dijahit menggunakan mesin jahit ataupun tangan. Semakin kecil dan tidak teraturnya potongan kain yang disediakan, maka semakin sulit pula cara menggabungkannya. Misalnya untuk membuat kerajinan perca dengan potongan-potongan kain berbentuk segi empat.

Pola yang paling sederhana yang bisa Anda buat yaitu pola seperti papan catur yang berwarna-warni kontras. Anda juga bisa menggabungkan potongan-potongan kain tersebut membentuk pola zig-zag, bintang, dan sebagainya.

Pusatkan beberapa detail di bagian tengah kerajinan dengan warna kontras sehingga bisa menjadi lebih menarik. Kemudian Anda juga bisa membuat semacam frame yang juga terbuat dari potongan kain dengan warna berbeda sehingga polanya terlihat.

D. Contoh-contoh Bros dari Kain Perca

Gambar contoh bros di bawah ini adalah gambar bros yang telah saya buat dari kain perca, karena di rumah saya banyak sekali sisa-sisa kain dari jahitan mamah dan adik saya, saya mempunyai ide untuk menggunakan kain sisa atau kain perca tersebut menjadi bros yang cantik yang bisa digunakan dan bernilai jual.

BAB III

PEMBUATAN

A. Alat-alat yang Digunakan

Dalam membuat kain perca ada sejumlah alat yang perlu digunakan. Sehingga dapat membuat kerajinan tangan kain perca lebih mudah. Alat-alatnya adalah sebagai berikut:

  • Gunting
  • Jarum
  • Lem

B. Bahan-bahan yang Digunakan

Selain alat, terdapat sejumlah bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan tangan kain perca. Bahan-bahannya adalah sebagai berikut:

  • Kain perca
  • Benang jahit
  • Benang plastik
  • Lem lilin
  • Kain flanel
  • Peniti
  • Mutiara

C. Cara Kerja

  • Setelah menyiapkan alat dan bahan-bahannya, kini saatnya memahami cara membuat kain perca. Simak baik-baik penjelasannya di bawah ini.
  • Gunting terlebih dahulu kain perca yang akan digunakan dengan ukuran sebagai berikut:
  1. Dasar: P x L = 40 x 12 cm
  2. Bunga: P x L = 40 x 6 cm (warna putih dan hijau toska)
  3. Bunga kecil: P x L = 12 x 5 cm
  • Ambil potongan kain dasar dengan ukuran 40 x 12 cm, lalu jahit jelujur
  • Setelah di jahit jelujur, satukan bagian ujungnya dengan bagian ujung lainnya
  • Setelah selesai membuat dasar brosnya, selanjutnya kita membuat bunga untuk brosnya (dengan kain perca yang berukuran 40 x 6 cm, membuat dua warna yaitu putih dan hijau toska) dengan menggunakan lem lilin.
  • Setelah selesai membuat bunga yang besarnya, kita lanjut untuk membuat bunga kecilnya sebagai hiasan. caranya sama dengan cara nomor satu, pertama dijahit jelujurnya terlebih dahulu dan kemudian disatukan.
  • Setelah semua bunga telah selesai, kita lanjutkan dengan membuat hiasan dengan mutiara yang disatukan dengan benang plastik (agar tidak mudah putus).
  • Setelah selesai membuat mutiaranya, jangan lupa menggunting kain flanel untuk dasarnya dengan bentuk melingkar.
  • Kita juga dapat menambahkan pita sebagai hiasannya.
  • Setelah semuanya telah selesai, kita hanya perlu menyusun bunga-bunga tersebut menjadi satu bagian yang indah.
  • Setelah itu kita hanya perlu menempelkan peniti dan mutiaranya, agar dapat digunakan. Cara yang sangat simpel untuk membuat bros yang bagus dan bernilai ekonomis dari kain perca.

BAB IV

HASIL PRODUK

A. Rincian Biaya

Contoh proposal bisnis kerajinan tangan.Foto: Ilham Satria Fikriansyah/detikcom

Harga Penjualan:

1 kotak isinya 2 bros
1 bross dijual seharga Rp 20.000
Jadi, 1 kotak dengan isi 2 bross dijual seharga Rp 40.000.

B. Hasil Produk

Kerajinan tangan kain perca sungguh terlihat indah. Meski menggunakan bahan-bahan dari barang bekas, namun berkat ide dan kreativitas yang tinggi bisa menciptakan kain perca yang memiliki nilai tinggi.

BAB V

PENUTUP

Demikianlah laporan kerajinan tangan pembuatan bros saya susun. Pembuatan laporan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan menambah ilmu tentang kegiatan yang dilakukan terutama 4R

A. Kesimpulan

Dari hasil yang saya kerjakan, saya dapat memanfaatkan barang yang tidak lagi dipakai yang ada di rumah saya dengan menghasilkan keuntungan yang berupa uang. Lalu yang lebih penting lagi mengurangi jumlah volume sampah yang harus saya buang.

B. Saran

Dengan melaksanakan salah satu program 4R yaitu Recycle (mendaur ulang) kita dapat mengurangi jumlah volume sampah yang akan kita buat dan memanfaatkan kembali barang yang tidak layak dipakai menjadi layak dipakai dan bernilai jual.

DAFTAR PUSTAKA

  1. Buku Pintar Membuat Kerajinan Tangan, 2019
  2. e-Jurnal Membuat Kerajinan Tangan Cepat, 2020

Nah itu dia detikers contoh proposal bisnis kerajinan tangan yang baik dan benar. Semoga artikel ini dapat membantu detikers, terutama bagi kamu yang sedang membuat proposal untuk kegiatan bisnis kerajinan tangan.



Simak Video "Mengenal Demit Token, Game Horor NFT Buatan Developer Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT