ADVERTISEMENT

Mengenal Pengertian Shopping Goods, Jenis dan Contohnya

Aditya Mardiastuti - detikFinance
Senin, 19 Sep 2022 18:46 WIB
Mobil jadi salah satu contoh shopping goods.
Foto: Felix Fuchs/Unsplash
Jakarta -

Saat membeli produk kamu pasti pernah membandingkan harga maupun kualitas antarmerek tertentu. Pilihan untuk membeli produk seringkali mempertimbangkan tampilan produk yang menarik perhatian hingga produk mana yang menawarkan fitur-fitur paling lengkap.

Misalnya saja ketika memutuskan untuk membeli ponsel. Kamu pasti akan melihat spesifikasinya terlebih dahulu, seperti RAM, memori, fitur kamera, maupun tampilan casing ponsel tersebut.

Tak jarang kamu juga akan mempertimbangkan pembelian menggunakan budget yang kamu miliki. Dengan harga Rp 2 juta misalnya kelebihan di ponsel merek A unggul di sisi memori, sedangkan B unggul di sisi kamera.

Produk atau barang yang pembeliannya berdasarkan perbandingan yang dilakukan konsumen inilah yang dinamakan shopping goods. Shopping goods ini biasanya berupa produk yang jarang dibeli dan dibandingkan di antara produk serupa lainnya.

Untuk lebih jelasnya tentang shopping goods simak penjelasannya di bawah ini ya!

Pengertian Shopping Goods

Mengutip jurnal Universitas Atma Jaya Yogyakarta, shopping goods adalah barang-barang yang dalam proses pemilihan dan pembeliannya dibandingkan oleh konsumen di antara berbagai alternatif yang tersedia. Kriteria perbandingan itu meliputi harga, kualitas, dan model masing-masing barang.

Jenis Shopping Goods

Mengutip Riska Septifani dalam situs Universitas Brawijaya, berikut dua jenis shopping goods:

1. Homogeneous Shopping Goods

Homogeneous shopping goods merupakan barang-barang yang oleh konsumen dianggap hampir sama namun berbeda jauh dalam harga. Dengan begitu konsumen akan mencari harga yang termurah dengan cara membandingkan harga di satu toko dengan toko lainnya.

2. Heterogeneous Shopping Goods

Heterogeneous shopping goods adalah barang-barang yang dianggap oleh konsumen (pembeli) mempunyai aspek karakteristik atau ciri-cirinya (features) lebih penting dibandingkan dengan aspek harganya. Dengan kata lain, konsumen mempersepsikannya berbeda dalam hal kualitas dan atribut.

Contoh Shopping Goods

Dari pengertian di atas berikut contoh shopping goods di antaranya:

  1. Alat-alat rumah tangga (karpet, vas, bantal).
  2. Pakaian.
  3. Furnitur (kursi, meja, lemari, dan lain sebagainya).
  4. Alat elektronik (mesin cuci, kulkas, TV, AC).
  5. Tiket pesawat.
  6. Ponsel.
  7. Kendaraan (motor, mobil).

Nah itulah penjelasan dan contoh shopping goods detikers! Semoga bermanfaat ya.



Simak Video "Mengenal Demit Token, Game Horor NFT Buatan Developer Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT